-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jonggy Simanjuntak, Putra Batak Yang Menjadi Tentara Amerika

    Redaksi
    17 Juli 2019, 01:41 WIB Last Updated 2020-12-10T07:21:12Z
    Banner IDwebhost

    Jonggy Manguhum Simanjuntak berseragam U.S Army

    INDOSATU.ID
    | Jonggy Manguhum Simanjuntak, pemuda kelahiran Kaiser Permanente Oakland, California pada 20 April 1988, berorangtuakan Warga Negara Indonesia yang bekerja di Konsulat Jenderal RI di San Francisco.


    Dirinya menjadi warga negara USA (United State Amerika) karena memang lahir di sana. Kemudian memilih militer sebagai jalur profesinya. Jonggy masuk U.S. Army dengan masa kontrak selama 4 tahun. Selesai kontrak, kapan saja dia masih bisa di panggil untuk serve. Di U.S. Army dia bekerja sebagai legal assistant untuk satu pengacara.


    Baca Juga: Tokoh Ulama Aceh dan Surya Paloh Bertemu Presiden Joko Widodo


    Selama ini Tentara Amerika Serikat bisa berasal dari etnis apa saja, sepanjang sudah menjadi warga negara adidaya itu. Begitulah USA, negara yang penuh kontroversi dan percaya diri ini.


    Diketahui sebelumnya, hanya etnis China (Tionghoa), Jepang, Arab menjadi tentara Amerika. Dengan bergabungnya Jonggy, kini ada yang berasal dari Indonesia. Amerika memang negara terbuka. Warga negara manapun bisa jadi orang Amerika. Tidak melihat warna kulit, asal usul dan agama.


    Baca Juga: Cosmas Batubara, Mulai dari Aktivis Mahasiswa Menjadi Menteri Zaman Soeharto


    Selain kesibukannya sebagai GI yang bertugas di Korea. Jonggy bersedia menjawab pertanyaan John Oei dari media Kabari melalui email dan wawancara langsung. Berikut petikannya :


    Kabari : Apakah Anda bisa berbahasa Indonesia ?

    Jonggy : Tidak. Saya tidak bisa berbahasa Indonesia. Tetapi, apabila seseorang sering mencoba mengajak berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia, saya bisa mengerti dan mengikutinya.

    Kabari : Sejak kapan Anda bergabung di militer ?

    Jonggy : Saya lupa tepatnya kapan, tapi saya memulai basic training pada 1 Agustus 2006.

    Kabari : Mengapa Anda bersedia bergabung di militer ?

    Jonggy : Ketika di SMA, saya berencana untuk bergabung ke ROTC (Reserve Offi cer Training Corps), semacam pelatihan di kampus dan menjadi polisi, tetapi teman saya mulai membicarakan bergabung di militer AS dan saya kemudian mengikutinya. Mengikuti training selama 6 bulan sebelum dikirim ke Korea, bertugas selama 14 bulan.

    Kabari : Apa yang Anda sukai dari militer ?

    Jonggy : Yang saya suka dari militer adalah kenyataan dimana saya bekerja untuk organisasi yang hebat di dunia. Tidak ada orang yang tidak mengetahui tentang militer AS dan saya bangga menjadi salah satu bagian dari mereka. Namun, yang tidak saya sukai adalah saya mempunyai pekerjaan dan tidak bisa bermain games sepanjang hari, hahaha.

    Kabari : Orangtua Anda adalah orang Indonesia. Apakah Anda lebih merasa menjadi orang Indonesia atau orang Amerika ? Apa yang mereka katakan ketika Anda memutuskan untuk bergabung dengan militer ?

    Jonggy : Saya merasa lebih orang (warga negara) Amerika dan saya sangat berjiwa patriotik. Saya bangga menjadi orang Amerika dan saya siap membela Amerika kapan pun negara membutuhkan saya.

    Kabari : Apakah ada diskriminasi di U.S. Army ?

    Jonggy : Tidak merasa diskiriminasi sama sekali.

    Kabari : Apa untungnya untuk bergabung dengan U.S. Army

    Jonggy : Gajinya $ 1900 per bulan waktu active duty. Tapi tidak perlu bayar sewa rumah atau makanan. Biaya untuk masuk universitas sebanyak $ 36,000.

    Kabari : Apa pangkat Anda sekarang ? Apa Anda memilih militer sebagai karir ?

    Jonggy : Saat ini saya sebagai Private First Class dan saya tidak yakin militer sebagai karir saya untuk ke depannya. Tapi, kita tak akan tahu apa yang akan terjadi tiga tahun mendatang.

    Kabari : Apa yang Anda lakukan sedang tidak bertugas ?

    Jonggy : Biasanya saya menjelajahi Korea. Kita mempunyai hubungan yang kuat dengan orang Korea di sini dan saya mempunyai banyak teman Korea yang baik hati. Mereka memperlihatkan ke saya dan tentara Amerika lainnya mengenai kebudayaan dan negeri mereka.

    Kabari : Apa yang Anda pelajari di militer ini ?

    Jonggy : Saya mempelajari, bahwa kerjasama tim adalah yang terpenting. Tidak hanya di militer, tetapi juga di kehidupan sehari-hari. Sekumpulan orang bekerja bersama dalam waktu yang sama dan tahu pekerjaan masing-masing. Bahkan anggota terkecil pun dihitung karena tanpa usaha mereka bagaimana kita bisa meraih seratus persen ?

    Kabari : Apakah ada sekolah akademi militer yang ditawarkan kepada Anda ?

    Jonggy : Selama di AIT (Advance Individual Training), militer mengajarkan saya keterampilan hukum untuk pekerjaan saya sebagai paralegal. Saya diajarkan oleh senior paralegal dan pengacara mengenai luar dalamnya Uniform Code of Military Justice. Militer USA rencananya juga akan membayar uang kuliah pendidikan militer saya. Saya berencana untuk meningkatkan teknik paralegal saya. Jadi, semoga suatu saat saya bisa bekerja di biro hukum ketika kembali ke Amerika.

    Kabari : Bagaimana perasaanmu sebagai anggota dari militer USA ?

    Jonggy : Sekali lagi, saya bangga !

    Jonggy akan kerja di Fort Stewart , George, dan ada kemungkinan bisa dikirim ke Iraq.


    Sumber: simanjuntak.or.id
    Editor: Redaksi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini