-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Filsafat Teknologi di Era Pasca Industri 4.0, Permasalahan & Solusi | Prof. Marlian Simanjuntak

    Redaksi
    20 Februari 2020, 14:52 WIB Last Updated 2020-12-01T10:45:18Z
    Banner IDwebhost



     Oleh:
    Prof. Dr. Marlian Ronald A Simanjuntak, ST., MT., D.Min

     
    Era Industri 4.0 yang mengangkat isu tentang Cyber Physical Systems, merupakan milestone strategis pasca Era Industri 1.0 yang menitikberatkan kepada sistem Mechanization-Water Power-Steam Power, pasca Era Industri 2.0 yang menitikberatkan kepada Mass Production-Assembly Line, Electricity, dan pasca Era Industri 3.0 yang menitikberatkan kepada Computer serta Automation.
     
     


    Hidup kita saat ini di era apa? Banyak referensi kemudian "mengarahkan" kita ke era pasca Industri 4.0 yang berbasis lingkungan dan sosial.


    Globalisasi, kecepatan dan relasi yang cepat yang kita alami saat ini disampaikan oleh Harold, James, dan Arindam dalam buku mereka yang berjudul Globality. Buku Globality menyatakan kondisi manusia saat ini di dalam atmosfir 'kompetisi, serba cepat dan mudah, dan mungkin menurunnya nilai. Hal ini yang kita hadapi dan kita hidupi bersama.
     
     


    INIKAH YANG DIBUTUHKAN MANUSIA (HUMAN'S NEED)? Apa itu 'realita' yang dihadapi manusia? Realita apakah berhubungan dengan kebutuhan manusia? Bagaimana manusia merespon realita? Pemikiran Martin Heidegger dan juga cabang Ilmu Filsafat yaitu Metafisika kemudian mencoba menjelaskan hal ini.
     
     


    Yang terutama bagaimana kemudian kita mengucap syukur untuk anugerah yang Sang Pencipta berikan kepada umat manusia. Kebutuhan manusia sebagai PERMASALAHAN PERTAMA ini perlu dibahas secara mendalam. Hal ini berdampak kepada pembangunan, secara khusus pembangunan infrastruktur sebagai bagian dalam atmosfir di atas.
     
     


    Tantangan berikutnya adalah BAGAIMANA MENJAMIN KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN yang dikelola manusia?


    BAGAIMANA FILSAFAT TEKNOLOGI mencermati realita human's need, proses mengelola lingkungan yang berkelanjutan, termasuk pembangunan konstruksi dan infrastruktur di Indonesia? Bagaimana kita menyikapi berbagai kegagalan konstruksi yang terjadi, termasuk 'risiko maupun bencana'?.
     
     


    Hal di atas akan dibahas dalam Seminar FILSAFAT TEKNOLOGI yang diselenggarakan oleh Prodi S2 Teknik Sipil Konsentrasi Manajemen Konstruksi UPH pada Kamis (20/2/2020) pukul 18.30 s/d 20.30 bertempat di kampus Pascasarjana UPH Plaza Semanggi lantai 3.
     
     
     
    Biodata Penulis: Prof. Dr. Marlian Ronald A Simanjuntak, ST., MT., D.Min | Adalah Guru Besar Bidang Menejemen Kontruksi Universitas Pelita Harapan (UPH) | Ketua Program Studi Pascasarjana Strata Dua (S2) Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta.


    Catatan Penting: Isi Tulisan Diluar Tanggung Jawab Redaksi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini