-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hari ini Harga Sawit Terjun Bebas, Agen Pengepul Merugi Hingga Puluhan Juta

    Redaksi
    29 Januari 2022, 13:11 WIB Last Updated 2022-01-29T06:15:39Z
    Banner IDwebhost


    Medan - INDOSATU | Harga Tandan Buah Sawit (TBS) per hari ini turun drastis antara 850 - 950 rupiah perkilo, Sabtu (29/1/2022).


    Padahal satu hari sebelumnya, harga TBS dibeberapa wilayah Sumatera seperti di Aceh masih dikisaran Rp 2.850 per kilo, sedangkan hari ini dilokasi yang sama harga terjun hingga Rp. 2.000 per kilo.




    Penurunan harga ini pun sangat berdampak bagi petani sawit. Dengan jangka waktu hitungan jam harga jual petani begitu terasa, dimana petani sawit kehilangan Rp 850 ribu untuk setiap penjualan 1 ton TBS.


    Tidak hanya petani sawit, toke/agen (pengepul) sawit juga merasakan kerugian dampak penurunan harga TBS. Satu hari sebelumnya pengepul telah membeli dengan harga lama, namun hari ini mereka terpaksa harus terima harga jual yang turun di Pabrik Kelapa Sawit (PKS).


    Dikutip dari laman serambinews.com, seorang agen pengepul sawit di Aceh bernama Yusran Adek saat dikonfirmasi membenarkan harga TBS yang terjun bebas dalam sehari tersebut.




    “Ia benar, turunnya sangat drastis mencapai Rp 900 per kilo dari harga sebelumnya,” ujar Yusran Adek.


    Akibat harga TBS yang terjun bebas itu dirinya mengalami kerugian, sebab harga jual di PKS lebih rendah daripada harga beli di masyarakat.


    Kerugian para agen pengepul kepala sawit diantara 850 hingga 950 rupiah per kilo. Dengan demikian, mereka merugi Rp 85 - 95 juta untuk setiap 100 ton TBS yang dibeli dari masyarakat petani sawit.


    Penulis : Lian
    Editor : Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini