-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Marak Balap Liar Jalan Raya, Ditlantas Polda Metro Jaya Fasilitasi Balap Resmi di Ancol

    Redaksi
    22 Januari 2022, 01:20 WIB Last Updated 2022-01-22T12:15:43Z
    Banner IDwebhost


    INDOSATU.ID | Harus diakui minat dan animo balap motor khusus generasi muda sangat tinggi. Tapi karena ketiadaan arena sirkuit, akhirnya mereka melampiaskan hobinya di jalan raya.


    Padahal, aksi itu sangat berbahaya, bukan hanya untuk dirinya, tapi juga untuk pengguna jalan lainnya. 




    Kordinator Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) Azmi Hidzaqi mengatakan dalam siaran persnya sangat mendukung langkah yang diambil oleh Polda Metro Jaya (PMJ) yang akan memfasilitasi balapan resmi untuk generasi muda di Jakarta, Rabu (18/1/2022).


    Dengan begitu, menurutnya tidak ada lagi balap liar yang sering terjadi di jalanan. Dengan solusi seperti ini diharapkan bisa menghilangkan dan meminimalisir pengaruh negatif aksi balap liar di jalan raya.


    "Kami mengapresiasi rencana kegiatan yang diinisiasi Direktorat Lalu Lintas, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo bersama dengan tenaga ahli yang telah melakukan survei kelayakan balapan di kawasan wisata Ancol dengan membuat event balapan resmi sepeda motor dengan tema street race yang akan dijadwalkan mulai 15 Januari 2022," tulisnya dalam rilis yang dikirimkan ke redaksi.


    Dirinya mengungkapkan, dengan adanya wadah yang difasilitasi Polda Metro Jaya akan menimbulkan banyak manfaat, salah satunya Pendapatan Asli Daerah (PAD).


    "Kami yakin dengan adanya ajang balapan di ancol ini nantinya akan mendatangkan manfaat serta keuntungan untuk pendapatan asli daerah, karena ajang balapan itu akan berkonsep oto bazar. Artinya didalam balapan juga diselipi pertunjukan, bazar, hingga kuliner.  Selain itu juga Ditlantas PMJ akan menyiapkan jalur ambulance, safetynya dan perangkat  pendukung lainnya," ungkapnya


    Selama ini setiap ada balap liar, pihak penyelenggara selalu memanfaatkan jalan raya sebagai sirkuit. Tentu saja hal ini akan menganggu keselamatan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan.


    Oleh karenanya, dengan adanya wadah yang disediakan oleh Ditlantas PMJ yang permanen, maka hak-hak pengguna jalan tidak akan lagi terganggu oleh aksi-aksi balap liar para pemuda juga menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik.


    "Kami akan selalu mendukung kegiatan balapan resmi yang akan dilaksanakan di ancol. Selain sebagai ajang pembinaan terhadap pemuda, juga untuk menarik wisatawan domestik agar datang berkunjung ke Ancol untuk menyaksikan event balap resmi," jelasnya




    Dengan ketersediaan infrastruktur pendukung yang memadai untuk  balapan resmi di ancol, tentunya hal ini akan menghasilkan potensi ekonomi dan dukungan finansial yang besar dari berbagai sponsor.


    Lanjutnya lagi, sudah sewajarnya gebrakan yang dilakukan PMJ ini mendapat apresiasi dan dukungan dari masyarakat terutama para pemuda yang hobi balap liar.


    "Rencana ini sudah selayaknya mendapatkan dukungan dari masyarakat karena banyak  memberikan solusi dan manfaat bagi pembinaan olah raga balap motor," lanjutnya


    Ditlantas juga akan  memberikan fasilitas berlatih dan pembinaan balap berjenjang untuk mencetak prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang kompetisi balap bergengsi. Diharapkan para pelaku balap liar tidak lagi menggelar aksi balap liar di jalan raya, hingga menutup arus lalu lintas.



    Penulis : Dika
    Editor : Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini