-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Desain Poskamling di Cikakak ini Sangat Unik dan Eksotik, Membuat Betah Untuk Berjaga

    Lian
    20 April 2022, 00:19 WIB Last Updated 2022-04-19T17:19:35Z
    Banner IDwebhost

    Bentuk desain dan arsitektur serta warna poskamling di Cikakak yang viral di media sosial | Foto: Syaefulloh/Indosatu Network


    Sukabumi - INDOSATU.ID | Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) atau pos ronda yang berada di kampung Babakan Sirna, RT01/04, Desa Gandasoli Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi terlihat sangat unik.


    Poskamling yang umumnya dibentuk secara sederhana, berbeda dengan yang berada dikampung tersebut, seluruh bangunan yang berdiri dua lantai dibangun dari bilah kayu dan bambu, disusun sedemikian rupa, ditambah dengan kombinasi berbagai warna, membuat setiap lekukan pos tersebut terlihat lebih menarik.


    Diketahui, poskamling yang berdiri di bahu jalan desa ini di buat oleh pria bernama Uwes (75), Uwes sendiri sebagai ketua RT ditempat itu.


    "Poskamling ini didirikan dua tahun lalu atau tahun 2020, bikinnya sendiri dan membutuhkan waktu tiga bulan mulai dari merangkai hingga pos itu berdiri menjadi dua tingkat sampai pengecetan," ujar Uwes kepada wartawan, Senin (18/04/2022).


    Menurut Uwes pembangunan pos kamling itu terinspirasi bangunan di daerah Kelapa Gading Jakarta. Sehingga dirinya mengaplikasikan pada bangunan poskamling tepat dibawah rumahnya itu.


    "Biaya sendiri Rp 5 juta, pakunya saja menghabiskan 30 kilogram, belum lagi cat warna warni. Mudah-mudahan dengan adanya poskamling ini dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk menjaga keamanan dan dan ketentraman lingkungan," ujarnya.


    Sementara itu, Kepala Desa Gandasoli, Saeban menambahkan, poskamling itu memang dibangun oleh Uwes. Menurut Saeban, meskipun sudah lanjut usia, tetapi  sosok Uwes ini memiliki nilai seni dan  tingkat  kreativitas yang tinggi.


    "Beliau itu kreatif dari dulu juga bahkan rumahnya saja punya seni meskipun sederhana dari bambu. Kreatifitas pak Uwes ini, dengan begitu petugas ronda yang sedang piket tidak jenuh saat berjaga dan nyaman," tandasnya.


    Pewarta: Syaefulloh
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini