-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menang Lawan Myanmar 5-1, Timnas Indonesia Tidak Lolos ke Semifinal Piala AFF

    Redaksi
    11 Juli 2022, 01:32 WIB Last Updated 2022-07-10T18:49:31Z
    Banner IDwebhost

     

    Para pemain timnas garuda merayakan gol | Foto: istimewa

     

    Jakarta | INDOSATU.ID - Lanjutan laga ke-lima atau terakhir perhelatan piala AFF U-19 tingkat Asean dilansungkan pada Minggu 10 Juli 2022.



    Pada laga ke-lima ini, timnas Indonesia menghadapi Myanmar, dan di partai lain, Thailan menghadapi Vietnam, Minggu (10/7/2022).



    Namun nasib Indonesia tidak bisa ditentukan sendiri, sebab kelolosan timnas garuda dipengaruhi hasil laga antara Thailand dan Vietnam.



    Pada laga ke-empat, Vietnam dan Thailand sama-sama memperoleh 10 poin, sedangkan Indonesia memperoleh 8 poin.



    Pada laga ke-lima, Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor telak 5-1.



    Sementara itu, Thailand dan Vietnam bermain dengan hasil skor imbang 1-1.



    Dari hasil laga teakhir itu, Indonesia memperoleh 11 poin, begitu juga dengan Thailand dan Vietnam.



    Alhasil, ada 3 tim yang memiliki poin yang sama di fase grup A, sementara yang berhak melaju ke semifinal hanya 2 tim.



    Adapun 2 tim yang melaju, yaitu peringkat 1 dan 2 dari grup A piala AFF.


     

    Hasil klasemen akhir, Vietnam dan Thailand menempati juara 1 dan 2 di grup A, dan berhasil masuk ke babak semifinal, sementara Indonesia yang dinilai lebih produktif malah gagal.


     

    Kegagalan ini akibat Indonesia berada di peringkat 3 grup A dengan perhitungan peraturan AFF yang tidak sama dengan perhitungan FIFA.


     

    Jika mengikuti perhitungan FIFA, Indonesia menjadi juara grup A, sebab Indonesia memperoleh 11 poin dan memiliki selisih gol 15 gol.


     

    Sementara Vietnam memperoleh 11 poin dan memiliki selisih gol 7 gol, dan Thailand memperoleh 11 poin dan selisih gol 4 gol.


     

    Indonesia gagal masuk semifinal karena Indonesia hanya bermain imbang 0-0 melawan Thailand, begitu juga ketika melawan Vietnam, Indonesia bermain imbang 0-0.


     

    Sedangkan Vietnam dan Thailand berakhir dengan skor 1-1, sehingga Vietnam dan Thailand dinilai lebih berhak menempati posisi 1 dan 2 grup A. 



    Peraturan AFF yang tidak mengadopsi peraturan FIFA sebagai federasi sepakbola dunia pun dinilai merugikan salah satu tim, yaitu tim nasional Indonesia.



    Indonesia sendiri dinilai lebih memiliki kekuatan  daripada Vietnam dan Thailand, Indonesia bermain imbang ketika melawan Thailand dan Vietnam.



    Sementara, Indonesia menang telak melawan 3 tim lain, yaitu 7-0 melawan Brunei Darussalam, 5-1 melawan Filipina, 5-1 melawan Myanmar. 



    Dari 3 laga tersebut, timnas Indonesia berhasil mencetak 17 gol dan hanya kebobolan 2 gol, sehingga selisih gol Indonesia adalah 15 gol. (Red)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini