-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Toko Walisongo di Jalan Pembangunan Kota Sukabumi, Menyediakan Perlengkapan Pernak Pernik Haji dan Umroh Berkualitas

    Kabiro Sukabumi
    14 Juli 2022, 21:01 WIB Last Updated 2022-07-15T06:37:38Z
    Banner IDwebhost

     

    Foto: istimewa


    INDOSATU.ID || SUKABUMI - Memasuki bulan pemberangkatan maupun kepulangan jama'ah haji tahun ini, sejumlah toko pernak pernik perlengkapan haji di Sukabumi mengalami penurunan yang signifikan.



    Salah satunya yang dirasakan Toko Walisongo di Jalan Pembangunan No.9 Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, mengalami penurunan omset. Berdasarkan pantauan, penurunan pembeli mencapai 80 persen dari hari dua tahun sebelum pandemi Covid-19 menerpa.



    Owner Toko Walisongo Sukabumi Sa'at Sarif mengatakan, Penurunan permintaan pembelian pada penjual pernak pernik haji/umroh, dirasakan sejak dua tahun 2020-2022. Padahal sebelumnya tahun hajian seperti ini, sudah banyak jamaah yang sudah memesan buah tangan sebelum berangkat menuju tanah suci. 



    "Dengan kejadian penurunan omset penjual oleh-oleh haji, kami tidak bisa berbuat banyak. Meski masih ada konsumen yang sudah langganan setiap tahunnya di Toko Walisongo, selain harga grosir juga kualitas yang kami utamakan," kata Sa'at Sarif, saat disambangi di Toko Walisongo, Kamis (14/07/22).



    Lanjut Sa'at, di tengah bulan Haji/Umroh yang paling banyak dicari oleh-oleh makanan seperti kurma, air jam-jam, kacang-kacangan, tasbih, sejadah dan lainnya. Penurunan ini sudah dari dua tahunan, malah sebelum jamaah berangkat ke Haji sudah ada yang memesan duluan, tapi sekarang sepi.



    "Semoga tahun ini dan kedepanya bisa stabil, biasanya sebelum berangkat ibadah haji/umroh banyak konsumen yang memesan duluan, mungkin ingin lebih fokus beribadah jadi tidak usah beli oleh-oleh lagi. Semoga tahun ini dan tahun kedepan bisa ramai kembali," ungkapnya Sa'at.



    Sa'at berharap, ditengah Covid-19 sudah mulai tidak jadi momok wabah penyakit yang menakutkan, berharap berjualan perlengkapan ibadah haji dan oleh-oleh haji kembali bangkit, tidak hanya ramai menjelang lebaran haji saja tetapi pada hari biasa pun bisa ramai kembali. 



    "Sebenarnya bicara sepi, masih ada sejumlah langganan yang biasa membeli pernak pernik haji atau pakaian muslim. Alhamdulillah sudah mulai ada dan tidak sepi-sepi banget ada aja orang yang membeli untuk acara seperti pengajian, selamatan dan disini juga yang membeli tidak selalu satuan banyaknya perkodi atau perlosin," jelasnya



    Sementara itu, salah seorang pembeli Samsidi (42) warga Kota Sukabumi, mengaku sudah sering membeli perlengkapan haji di toko Walisongo untuk keperluan pribadi. 



    "Saya kesini biasanya suka membeli parfum atau kurma kadang-kadang saya juga beli sajadah, barang-barangnya cukup berkualitas tidak beda jauh dengan barang dari Makkah. Ya meski belum kesampean berangkat ketanah suci Haji-an, Ya beli dulu perlengkapan sedikit-sedikit disini, selain terjangkau juga berkualitas bagus," tandas Samsidi.



    (Arif/Kabiro Sukabumi Raya)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini