-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ratusan Warga Upacara di Sawah, Pengunjung Natural Cafe Merinding

    Redaksi
    18 Agustus 2022, 13:12 WIB Last Updated 2022-08-18T06:12:16Z
    Banner IDwebhost

    Ratusan warga mengikuti upacara di sawah dekat Natural Cafe & Resto Rantauprapat dalam peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI | Foto: Alisahbana

    LABUHANBATU | INDOSATU.ID - Aktivis yang tergabung dalam Social Worker Association Rumah Nusantara (SWARNA) menggelar upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/08/2022). 


    Uniknya, upacara yang diikuti ratusan warga tersebut dilakukan di sawah yang terletak di areal lokasi Natural Cafe & Resto, Jalan Taruna No.87 Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.


    Amatan wartawan, ratusan peserta upacara didominasi kaum ibu dan anak-anak itu terlihat rela berlumpur masuk ke dalam sawah demi mengikuti upacara penaikan bendera merah putih yang tampak dilakukan dengan sederhana dan seadanya. 


    Upacara di sawah ini pun cukup menarik perhatian warga, termasuk para pengunjung Natural Cafe & Resto yang menjadi tempat upacara berlangsung. 


    "Biasanya kita lihat kalau upacara itu pakai baju seragam dan ada pasukan pengibar bendera yang sudah terlatih. Tapi disini, kita lihat pesertanya warga dengan pakaian biasa, di sawah pula," ujar salah seorang pengunjung Natural Cafe & Resto, Selamat Priyono (32). 


    Pengunjung cafe yang sengaja datang dari Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan itu pun awalnya merasa aneh. Sebab upacara di sawah baru kali ini ia saksikan. 


    Namun setelah beberapa saat menyaksikan prosesi upacara, Selamet pun mengaku merinding dan sangat terharu.


    "Apalagi saat bendera mulai dinaikkan dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Disitu saya mulai merinding dan sangat terharu. Karena mereka (peserta upacara) tampak mengikutinya dengan begitu khidmat, walau dengan seadanya," ungkapnya.


    Hal serupa disampaikan Abdurrahman (39), pengunjung Natural Cafe & Resto yang juga turut menyaksikan upacara di sawah itu. 


    Warga Jalan Simpang Mangga Rantauprapat ini bahkan mengaku spontan berdiri dan bersikap hormat bendera saat mendengar instruksi dari komandan upacara.


    "Padahal saya bukan peserta upacara. Tapi begitu bendera mulai dinaikkan, spontan saya ikut hormat bendera. Memang khidmat kali upacaranya. Pokoknya salut untuk kegiatan ini," tandas Abdurrahman.


    Upacara  di sawah ini merupakan rangkaian kegiatan "Pekan Rakyat Merdeka" yang diselenggarakan SWARNA mulai 17 hingga 18 Agustus 2022. Dalam kegiatan itu juga digelar sejumlah perlombaan-perlombaan untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 


    "Selain upacara, kita juga gelar tarik tambang, tepuk bantal, lomba tangkap bebek dan panjat pinang," ujar Ketua Panitia, Mizwar SE didampingi Sekretaris Panitia, M Aguswan Nasution SPd.


    Semua rangkaian kegiatan Pekan Rakyat Merdeka yang diikuti masyarakat Labuhanbatu secara gratis ini pun, kata Mizwar, memang sengaja digelar di areal sawah.


    "Dan Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon cukup baik dari masyarakat Labuhanbatu. Terlihat dari antusias ratusan warga yang turut serta suka rela mengikuti kegiatan Pekan Rakyat Merdeka ini," terangnya.


    Dia pun berharap kegiatan Pekan Rakyat Merdeka dapat terus dilakukan dalam setiap momen perayaan HUT Kemerdekaan RI pada tahun-tahun berikutnya. 


    "Dan saya ucapkan terimakasih sebesarnya kepada semua pihak yang turut berpartisipasi mendukung kegiatan ini. Terutama Natural Cafe & Resto, cafe yang menyajikan view sawah di Rantauprapat," tambahnya.


    Pewarta: Alisahbana 
    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini