-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    5 Perilaku Tidak Sopan di Indonesia, Tapi Sopan di Negara Finlandia

    Redaksi
    14 September 2022, 17:37 WIB Last Updated 2022-09-14T10:37:55Z
    Banner IDwebhost

    Bersin dan buang ingus di meja makan dinilai hal biasa di Finlandia, namun dilarang di Indonesia karena tindakan itu akan menebarkan virus kepada orang lain


    INDOSATU.ID - Finlandia merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan dengan peringkat tertinggi di dunia.


    Sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang diakui di dunia, bukan serta merta hal-hal sopan di Indonesia menjadi hal sopan di Finlandia.


    Begitu juga dengan hal-hal tidak sopan di Indonesia, belum tentu menjadi hal yang tidak sopan di Finlandia.

     

    Jika anda berniat atau memiliki rencana bepergian atau hal lain mengharuskan anda terbang ke negara Finlandia, penjelasan di bawah ini dirasa perlu untuk anda ketahui.


    Dilansir dari conten creator bernama duniatabi di instagram, berikut ini 5 (lima) perilaku yang tidak sopan di Indonesia namun hal biasa di Finlandia.


    Lalu, perilaku apa saja kah itu, silahkan baca penjelasan dibawah ini:


    1. Buang Ingus di Meja Makan

    Jika di Indonesia, buang ingus di meja makan bukanlah perilaku yang baik untuk ditiru. 

     

    Membuang ingus di meja makan bisa saja menimbulkan respon yang tidak baik dari orang lain, sebab perilaku ini dinilai bisa menyebarkan virus kepada orang lain.

     

    Namun, di negara Finlandia, buang ingus saat berada di meja makan adalah hal biasa dan tidak akan dihujat orang lain.

     

    Tidak dijelaskan mengapa demikian, namun kebiasaan perilaku seperti itu merupakan hal biasa bagi warga Finlandia.


    2. Memberi Dengan Tangan Kiri

    Negara Indonesia termasuk negara yang paling ramah, dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia masih banyak yang kental menerapkan tata krama peninggalan leluhurnya.


    Salah satu anjuran yang tidak pernah diajarkan namun menjadi rule (hukum) di masyarakat yaitu memberi dengan tangan kanan.


    Bila memberi dengan tangan kiri, perilaku itu dianggap tidak sopan dan tidak tau tata krama, sekalipun memberi kepada kaum dhuafa, atau memberi kepada pengemis di jalan raya.

     

    Bahkan, untuk sesuatu yang dianggap perlu, warga Indonesia terkadang menggunakan kedua tangannya secara bersamaan, baik tangan kanan dan kiri ketika memberi.


    Berbeda dengan masyarakat Finlandia, memberi dengan tangan kanan atau tangan kiri dianggap sama. Tidak ada sesuatu penilaian dari orang lain yang melihat terkait menggunakan tangan kanan atau kiri, sehingga perilaku itu bukan sesuatu yang penting untuk diperdebatkan.


    3. Menunjuk Sesuatu Menggunakan Kaki

    Di Finlandia, menunjuk sesuatu barang atau benda lain menggunakan kaki bukanlah sesuatu hal yang tidak sopan. Perilaku itu dianggap hal biasa dan menjadi kebiasaan di kehidupan masyarakat Finlandia.


    Sementara, di Indonesia, perilaku seperti itu merupakan tindakan yang tidak sopan bahkan bisa dicemooh karena kaki dianggap sebagai bagian tubuh paling bawah, sehingga hanya tangan yang layak menunjuk.


    4. Memanggil Atasan Dengan Nama

    Sebagai negara yang menjunjung tinggi kesopan santutan, Indonesia sangat dikenal dengan keramah-tamahannya.


    Tata krama dan norma-norma kehidupan menjadi rule (batasan) dalam bersikap baik berbicara maupun bertindak.


    Begitu juga di dunia pekerjaan, pekerja Indonesia tidak akan berani memanggil atasannya dengan menyebut nama atasannya itu secara langsung.


    Bahkan, tidak hanya atasan, satu level dalam kantor pun belum tentu berani memanggil namanya secara langsung jika orang tersebut lebih senior dari dirinya.


    Sedangkan di Finlandia, tidak ada aturan terkait hal itu, memanggil nama atasan secara langsung adalah hal yang lumrah.


    Hal ini dinilai bisa melancarkan pekerjaan, karena bawahan tidak begitu segan dengan atasannya asalkan bawahannya telah bekerja sesuai job desknya (tupoksi).


    Berbeda dengan di Indonesia, akibat rasa segan yang berlebihan dengan atasan, tindakan atasan yang dinilai salah pun terkadang dibiarkan bawahannya, begitu juga dengan perbedaan karyawan senior dan junior.


    Karyawan di Indonesia takut dipecat dari pekerjaannya jika perilakunya dinilai tidak sopan, salah satunya memanggil atasan dengan namanya.


    5. Membuang Tisu Ke Dalam Closet

    Di negara Finlandia, membuang tisu ke dalam toilet dan closet bukanlah sesuatu yang dilarang.


    Perilaku seperti itu dianggap sebagai hal yang biasa, sehingga tidak ada respon buruk dari orang yang melihat ketika kita membuang tisu ke dalam closet.


    Namun, jika di Indonesia, jangan sampai perilaku membuang tisu ke dalam closet tidak boleh dilakukan. Tindakan itu dianggap dapat merusak saluran closet dan menimbulkan penyumbatan.


    Apakah orang Finlandia tidak hidup bersih? atau bebas buang sampah?.


    Jawabannya adalah, Finlandia merupakan negara bersih, hanya saja khusus di dalam toilet, membuang tisu ke dalam closet tidak dilarang karena tisu di Finlandia dikenal gampang hancur dan larut dalam air.


    Artinya, tisu di Indonesia dinilai lebih keras sehingga susah larut, oleh karena itu, tisu tidak boleh dibuang ke dalam closet. (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini