-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Garda Kamtibmas Indonesia Berupaya Ciptakan Desa Yang Aman di Deliserdang

    Redaksi
    02 September 2022, 10:38 WIB Last Updated 2022-09-02T03:38:12Z
    Banner IDwebhost

    Garda Kamtibmas Indonesia Berupaya Ciptakan Desa Yang Aman di Deliserdang

    Deliserdang, INDOSATU.ID - Ketua Garda Kamtibmas Indonesia, bung Juanda Simanjuntak mengatakan pentingnya sistem keamanan lingkungan (siskamling).


    Selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban, bung Juanda menilai siskamling dapat mempererat silaturahmi dan kekeluargaan.


    Kegiatan siskamling juga merupakan salah satu upaya masyarakat mencintai tanah air dan juga melestarikan lingkungannya. 


    Demikian diharapkan bung Juanda ketika menyusun program siskamling di Desa Pagar Merbau III Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, Kamis (1/9/2022) siang.


    Program siskamling tersebut merupakan langkah awal yang dinilai akan berguna bagi masyarakat di desa itu.


    Bung Juanda berharap agar masyarakat saling bekerjasama dengan petugas yang nantinya akan ditugaskan untuk berjaga di Pos Siskamling yang berada di desa tersebut.


    Dalam prakteknya kegiatan siskamling itu merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Merbau III dengan Garda Kamtibmas Indonesia.


    Pada kesempatan itu, bung Juanda Simanjuntak selaku Ketua Garda Kamtibmas Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji, SIK, MH., dan Kapolsek Lubuk Pakam AKP Hendri Y Sihotang.


    Untuk menopang kegiatan siskamling, Kepala Desa (Kades) Pagar Merbau lll memberikan beberapa alat pendukung dalam menjalankan kegiatan siskamling di desa tersebut, Kamis (1/9/2022).


    Beberapa alat yang diberikan, diantaranya: senter, jaket hujan, kursi, meja, dispenser, galon air, dan lainnya.


    Perlengkapan tersebut nantinya akan diletakkan di dalam pos siskamling untuk digunakan dalam kegiatan menjaga ketertiban dan keamanan di desa tersebut.


    Bung Juanda juga berharap kegiatan siskamling di desa itu dapat berjalan secara berkelanjutan.


    Untuk itu, dirinya mengharapkan partisipasi masyarakat desa. Apalagi katanya, kegiatan itu bermanfaat secara langsung kepada masyarakat desa, sehingga perlu mendapat dukungan dari semua warga desa Pagar Merbau III.


    Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dinilai sangat rentan terjadi, dan untuk menjaga keamanan dan ketertiban tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum, namun merupakan tanggung jawab bersama.


    Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas di tengah-tengah masyarakat desa.


    Pada kesempatan itu juga tampak beberapa pemuda dari organisasi masyarakat (Ormas) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang turut ikut hadir dalam acara tersebut.


    Ditambahkannya lagi, Bung Juanda juga berharap kegiatan itu dapat menjadi inspirasi bagi desa lainnya, kedepannya Juanda mengatakan siap menjalin kerjasama dengan desa yang ingin menjalankan kegiatan serupa.


    Ketua Garda Kamtibmas Indonesia Sumatera Utara yang juga Kepala Pengamanan Khusus Wilayah Sumatera Utara FKBN (Forum Komunikasi Bela Negara) di Kementerian Pertahanan yang hadir pada kesempatan itu berharap kepada Kemendagri supaya menghidupkan kembali siskamling dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di daerah.


    Sebab siskamling dinilai dapat mendeteksi terorisme dan mencegah peredaran narkoba. Harapan kedepan, untuk program siskamling ini dapat dialokasikan anggaran agar berjalan dan terlaksana dengan baik. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini