-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Puluhan Buruh di Aceh Barat Demo PT. Mifa Bersaudara

    Redaksi
    07 September 2022, 17:02 WIB Last Updated 2022-09-07T10:02:39Z
    Banner IDwebhost

    Foto: Cautsar

    ACEH BARAT, INDOSATU.ID - Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (FSPMI) Kabupaten Aceh Barat, menggelar aksi unjukrasa di PT Mifa Bersaudara.

    Aksi demo tersebut,berlangsung selasa (6/9/2022) dipintu masuk PT Mifa Bersaudara, Gampong Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

    Koordinator aksi demo sekaligus Ketua FSPMI Jasman menyebutkan,unjukrasa yang dilakukan di Perusahaan batubara itu, tetap mematuhi Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

    Tujuan demo itu kata Jasman,agar tenaga kerja bongkar muat batubara dari kapal (Vessel) di perairan laut Aceh Barat, disediakan atau diselenggarakan oleh Koperasi Jasa TKBM Samudra Meulaboh Jaya,sebut Jasman dalam siaran persnya.

    Menurutnya,selama ini perusahaan tersebut, tidak pernah menggunakan jasa buruh TKBM dari Koperasi Jasa TKBM Samudra Meulaboh Jaya. Akan tetapi katanya, perusahaan itu menggunakan jasa tenaga kerja bongkar muat dari perusahaan outsourching.

    Seharusnya ujar Jasman, PT Mifa Bersaudara harus mematuhi SKB Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi UKM.

    Dalam surat tersebut,tenaga kerja bongkar muat batubara ke kapal diperairan laut Aceh Barat, harus disediakan atau diselenggarakan satu satunya oleh Koperasi Jasa TKBM Samudra Meulaboh Jaya.

    Selain itu, para buruh juga meminta PT.Mifa Bersaudara menggunakan TKBM yang terdaftar, serta telah mendapat rekomendasi dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Meulaboh, selaku TKBM dari Koperasi Jasa TKBM Samudra Meulaboh Jaya, yang sah atau legal secara hukum, terangnya.

    Selanjutnya kata Jasman dalam demo itu, selama ini kegiatan bongkar muat batu bara di parairan laut Aceh Barat, PT Mifa Bersaudara selaku pemilik barang menunjuk PT. Dianta Daya Embara (DDE).

    Sekarang sebutnya,PT Stevedoring Tirta Nusa (STN) sebagai perusahaan bongkar muatnya. Selanjutnya menunjuk PBM lainnya, sebagai penyedia tenaga kerja bongkar muat, atau dengan istilah Outsourching tanpa menggunakan jasa TKBM dari koperasi jasa TKBM Samudra Meulaboh Jaya.

    Setelah selesai melakukan unjukrasa dengan orasi bergantian, para buruh turut menyerahkan surat pernyataan sikap kepada manajemen PT. Mifa Bersaudara yang diterima oleh Hengki Atmaja Ginting.

    Untuk itu, Rahma Hidayat dan Edi Chandra selaku orator aksi mengatakan, Bila tuntutan itu tidak dipenuhi, maka demo tersebut akan dilancarkan kembali dengan massa yang lebih banyak lagi.

    Sementara itu, manajemen PT Mifa Bersaudara Hengki Atmaja Ginting mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk memenuhi tuntunta unjukrasa itu, dengan melakukan koordinasi serta rapat dengan pimpinan lebih tinggi lagi.

    Pewarta: Cautsar Ismail
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini