-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Upaya Pemdes Kutamanah Purwakarta Guna Meningkatan Finansial Melalui Program Ketahanan Pangan, Hadapi Ancaman Krisis Pangan

    Redaksi
    19 September 2022, 20:17 WIB Last Updated 2022-09-19T13:17:56Z
    Banner IDwebhost

    Pembangunan akses ke lahan pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan di Desa Kutamanah, Purwakarta | Foto: Dodi.S


    Purwakarta, INDOSATU.ID - Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama.


    Pentingnya menguatkan ketahanan pangan, selain karena merupakan pondasi bagi pembangunan sektor-sektor lainnya juga karena adanya ancaman krisis pangan dunia sebagai akibat dari fenomena perubahan iklim dan tren populasi penduduk dunia yang meningkat.


    Upaya pemerintah untuk penguatan ketahanan pangan telah dilakukan dalam berbagai kebijakan.


    Salah satunya melalui Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang rincian APBN TA 2022.


    Disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen).


    Salah satu contohnya dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kutamanah Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta yang memanfaatkan program ketahanan pangan sebagai modal usaha guna menghidupkan kembali perekonomian di Desa.


    "Kebijakan ini perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi Desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan Desa, lahan masyarakat, lahan yang telah mendapatkan ijin perhutanan sosial," ujar Asep Samsudin, selaku Kepala Desa Kutamanah kepada awak media, Senin (19/09/2022).


    Lanjutnya, "Penggunaan Dana Desa (DD) untuk ketahanan pangan dilakukan melalui pendekatan dan sosialisasi kepada warga, serta berharap program ini dapat memberdayakan masyarakat khususnya masyarakat Desa Kutamanah serta memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri," ucap Asep.


    Tambahnya, “Untuk Desa Kutamanah sendiri kita melakukan pembangunan jalan untuk akses pertanian dengan panjang 180 meter lebar 1 meter tujuannya agar mempermudah masyarakat membawa hasil panen, serta membeli bibit ikan patin,” bebernya.

    "Kalau untuk hewani, seperti pembelian kambing khususnya, nanti akan di alokasikan pada tahap tiga, sesuai apa yang telah di arahkan," tambah Asep Samsudin.


    Semua yang telah dijalankan terkait program ketahanan pangan oleh Pemdes Kutamanah telah melalui mekanisme yang semestinya, dan dapat dijadikan contoh bagi masyarakatnya agar dapat membuahkan potensi peningkatan finansial masyarakat secara berkesinambungan.


    Pewarta: Dodi.S
    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini