-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Antisipasi Keamanan Lingkungan, Warga Kampung Ciangsana Adakan Siskamling

    Kabiro Sukabumi
    14 Oktober 2022, 23:47 WIB Last Updated 2022-10-14T17:13:03Z
    Banner IDwebhost

     

    Antisipasi Keamanan Lingkungan, Kampung Ciangsana Adakan Siskamling

    INDOSATU.ID || SUKABUMI - Warga masyarakat Kampung Ciangsana lakukan siskamling untuk mengantisipasi keamanan di Kampung Ciangsana RT 02/RW 01 Desa Kerta Angsana Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jum'at (14/10/2022).


    Nampak hadir Ketua RT 02 Dika dan penasehat RT Hj Sopian. Keamanan merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat di suatu wilayah, baik di kota maupun di perdesaan.


    Menurut H. Sopian selaku penasehat RT, dirinya mengungkapkan, "Apabila keamanan di lingkungan kita sudah tidak ada, maka sudah pasti kita merasa sudah tidak nyaman lagi untuk menetap di lingkungan tersebut," tuturnya.


    Antisipasi Keamanan Lingkungan, Warga Kampung Ciangsana Adakan Siskamling

    Lanjut Haji Sopian, untuk menjaga keamanan memang negara sudah mempunyai petugas keamanan seperti TNI maupun POLRI.


    "Namun jumlah mereka yang terbatas tidak mungkin bisa menjaga keamanan di wilayah Indonesia yang begitu luas," tuturnya lagi.


    "Di sinilah diperlukan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing," ungkapnya.


    "Dari dahulu kita telah mengenal adanya program pengamanan oleh masyarakat yang sebenarnya sangat efektif jika dilaksanakan dengan baik," ungkapnya lagi.


    "Program tersebut adalah sistem keamanan lingkungan atau yang biasa disingkat dengan SISKAMLING," jelasnya.


    Menurutnya, program tersebut diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam.


    Seyogyanya, masyarakat memang membutuhkan lingkungan yang tertib dan aman untuk dapat menjalani kehidupan yang nyaman di tempat mereka tinggal.


    "Oleh karena itu, kita harus melaksanakan kewajiban-kewajiban kita selaku warga masyarakat terhadap lingkungan untuk menciptakan tempat tinggal seperti yang kita harapkan," ujarnya.


    "Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjamin keamanan lingkungan yakni dengan melaksanakan program kegiatan siskamling," ujarnya lagi.


    "Manfaat dari kegiatan siskamling bukan hanya semata-mata untuk menjaga keamanan, tetapi bisa sebagai sarana untuk silaturahmi atau saling mengenal dengan warga di lingkungan kita," tandasnya.



    Pewarta: Sopian
    Editor: Arif/Kabiro Sukabumi Raya
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini