-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Upacara Adat Ngukuluan Sanghiyang di Museum Ki Pahare Sukabumi

    Kabiro Sukabumi
    13 Oktober 2022, 09:49 WIB Last Updated 2022-10-13T10:19:25Z
    Banner IDwebhost

     

    Upacara adat Ngukuluan Sanghiyang di Museum Ki Pahare Sukabumi


    INDOSATU.ID || SUKABUMI - Dalam Rangka Upacara Adat Ngukuluan Sanghiyang di Museum Ki Pahare Sukabumi" Ngaraksa Budaya Ngariksa Pusaka" yang Bertempat di Jl. Garuda No.6 RT. 006/RW 001 Kelurahan Baros Kecamatan Baros Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (12/10/2022).


    Acara kegiatan Upacara Adat Ngukuluan Sanghiyang di Museum Ki Pahare Sukabumi di hadiri oleh unsur pemerintahan, Polsek Baros dan perwakilan komunitas seni dan budaya Sunda


    Upacara adat Ngukuluan Sanghiyang di Museum Ki Pahare Sukabumi

    Menurut informasi yang dihimpun, Ketua Museum Ki Pahare Kang Sandi, mengungkapkan Upacara Adat Ngukuluan Sanghiyang merupakan sebuah tradisi yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu.


    Tujuannya sebagai upaya mempertahankan eksistensi Patihurip yang dalam hal ini perawatan berbagai benda yang dimiliki oleh museum maupun masyarakat.ungkapnya


    Seperti keris, golok, tumbak, arca dll, Adapun kegiatan ini diawali dengan pengambilan air dari 7 sumber.


    Sesuai dengan UU No.5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan. Kami berharap ada sinergitas antara pemerintah dan lembaga kami agar tradisi seperti ini terus bertahan. 


    "Selain itu, karena kami belum memiliki bangunan yang layak untuk dijadikan museum, ada dukungan dari seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah,' pungkasnya.


    (Arif/Kabiro Sukabumi Raya)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini