-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Erosi Krueng Tripa Berdampak Terhadap 4 Rumah Warga, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas Tinjau Lokasi

    Redaksi
    03 November 2022, 00:40 WIB Last Updated 2022-11-02T17:40:53Z
    Banner IDwebhost

    Pj Bupati Nagan Raya bersama rombongan sedang meninjau lokasi erosi


    Suka Makmue, INDOSATU.ID - Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si lakukan peninjauan lokasi erosi Krueng Tripa di Gampong Geulanggang Gajah, Kecamatan Darul Makmur kabupaten setempat, Selasa (02/11/2022).


    Dalam peninjauan tersebut, Pj Bupati ikut didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kadis Sosial, Kepala Baitul Mall dan sejumlah SKPK terkait lainnya serta Forkopimcam Darul Makmur dan Geuchik Gampong Geulanggang Gajah.


    Selain meninjau lokasi erosi Pj Bupati Nagan Raya juga menyerahkan bantuan sosial untuk warga gampong tersebut.


    Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany mengatakan, bencana musibah banjir ini sudah menjadi perhatian nasional.


    "Terkait dengan kejadian ini pemerintah pusat telah menghubungi saya dan Alhamdulillah sudah di antisipasi oleh Kalak BPBD Nagan Raya selaku koordinator atas musibah ini," ujarnya


    Untuk tahun 2022 ini, lanjut Fitriany, "Pemerintah daerah mendapat dana rehab rekon untuk penanganan jembatan tetapi hingga sekarang pada saat kejadian belum dapat dilaksanakan terkendala karena pemda baru saja menandatangani MoU untuk penanganan jembatan ini," jelas Fitriany.


    Fitriany juga menjelaskan, upaya saat ini yang dikakukan oleh pemerintah daerah yaitu mengantisipasi agar tidak terputus komunikasi atau arus jalan yang dilalui oleh masyarakat setempat.


    "Dapat kami sampaikan bahwa, camat dan keuchik sudah berkoordinasi dan sudah sepakat. Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan izin untuk pembebasan lahan selebar empat meter kedepan untuk pengambil alihan jalur yang saat ini belum terputus tapi akan terputus," paparnya.


    Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Fitriany, "Saya membawa Kepala Baitul Mal, Kadis Sosial dan Camat serta Kadis terkait lainnya untuk menangani permasalahan tersebut," tandasnya.


    "Nanti dalam waktu dekat secepatnya saya sudah perintahkan pak Kalak untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan dengan Baitul Mal Nagan Raya untuk penanganan sosialnya, kita akan melakukan penutupan dan pembebasan lahan yang saat ini di alihkan untuk jembatan dengan lebar 4 meter dan panjang 100 meter, ini salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Pemda Nagan Raya," jelas Fitriany.


    Pj Bupati Fitriany, juga melihat langsung rumah Nek Ramlah salah satu warga setempat yang terdampak erosi sungai Krueng Tripa.


    "Terkait dengan rumah warga yang memang kita liat apabila tidak segera dipindahkan itu akan roboh, jadi seperti nya salah satu warga yang rumah nya dekat sungai tidak mau pindahkan dan Alhamdulillah setelah kami datang kerumah yang bersangkutan, akhirnya nenek Ramlah mau di pindahkan ketempat yang aman," kata Fitriany.


    "Alhamdulillah, Pak Kepala Sekretariat Baitul Mal mau membantu untuk membangun rumah nenek Ramlah tersebut," Fitriany menambahkan.


    Fitriany juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah memberikan informasi seperti ini.


    "Kami juga mendapat dari teman-teman wartawan, seperti yang saya sampaikan kemaren berikan kami info yang membangun dan kami antisipasi langsung di lapangan," tutupnya.


    Kemudian, Keuchik Gampong Gelangang Gajah, Alamsyah saat mendampingi Pj. Bupati, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah melakukan peninjauan ini.


    Menurut Alamsyah, erosi Krueng Tripa ini berdampak terhadap beberapa rumah warga Gampong Geulanggang Gajah.


    "Erosi Krueng Tripa berdampak terhadap empat rumah warga kami, selain itu juga kebun warga dan jalan yang dilalui masyarakat," jelas Alamsyah.


    Alamsyah juga menjelaskan, erosi Krueng Tripa ini menurutnya sudah lama terjadi, apabila hujan turun langsung terkuras lahan-lahan yang ada di sekitarnya.


    "Harapan kami kepada pemerintah daerah semoga program yang telah direncanakan segera terealisasi," harapnya.


    Setelah melakukan peninjauan lokasi erosi, Fitriany Farhas juga menyerahkan bantuan sosial kepada keuchik gampong Geulanggang Gajah.


    Selain itu, Pj Bupati juga menyerahkan paket sembako berupa kain sarung, pakaian dan lain-lain kepada Nek Ramlah (70) tahun yang mana rumahnya tersebut sudah sangat dekat dengan bibir sungai.


    Pewarta: Rahmat Ritonga

    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini