-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kementerian ATR/BPN Jalin Kerjasama Dengan PGI Untuk Sertifikasi Aset Gereja di Indonesia

    Redaksi
    16 November 2022, 15:49 WIB Last Updated 2022-11-16T08:49:40Z
    Banner IDwebhost

    Menteri dan Wakil Menteri ATR/BPN saat di Jakarta


    Jakarta, INDOSATU.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Jenderal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menjalin kerjasama dengan Persatuan Gereja di Indonesia.


    Dalam kerja sama itu, Kementerian ATR/BPN dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akan menyertifikasi aset organisasi Gereja-Gereja di Indonesia.


    Didampingi oleh Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Ketua PGI, Pdt. Gomar Gulthom yang dilakukan di Kantor Pusat PGI Jalan Salemba, Senin (7/11/2022).


    Dalam kesempatan itu, Ketua PGI, Pdt. Gomar Gultom menyampaikan tentang persoalan pertanahan di Indonesia. Dia menerangkan ada krisis agraria dan ekologi.


    "Kami mengapresiasi kinerja 100 hari Pak Menteri dan Wakil Menteri. PGI juga banyak menghadapi persoalan pertanahan. Bahkan di Sidang Raya PGI 2019 di Sumba, mencatat bahwa krisis agraria dan krisis ekologi merupakan masalah yang mengemuka secara nasional,” katanya dalam keterangannya.


    Merespon hal itu, Hadi menyampaikan komitmen untuk memberikan kepastian hukum terhadap semua rumah ibadah di Indonesia.


    "Sertifikasi rumah ibadah akan saya kawal dan selesaikan, tanpa terkecuali tanpa diskriminasi,” tegasnya.


    Dia menegaskan, kepastian hukum sangat penting untuk menghindari gangguan dari mafia tanah .


    “Niat dan tujuan tunggal Kementerian ATR/BPN adalah ingin aset tanah lembaga atau ormas keagamaan, termasuk PGI memiliki kepastian hukum sehingga tidak diambil oleh para mafia tanah” tutup Hadi


    Untuk diketahui, sebelumnya Kementerian ATR/BPN sudah bekerja sama dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.


    Dalam waktu dekat, Kementerian ATR/BPN juga akan menandatangani MoU dengan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan lembaga keagamaan lainnya. (Merdeka/Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini