-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia

    Kabiro Sukabumi
    10 November 2022, 00:22 WIB Last Updated 2022-11-09T18:12:34Z
    Banner IDwebhost

     

    Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia | Foto: Arif Setiawan selaku Kabiro Sukabumi Raya

    Penulis: Arif Setiawan


    INDOSATU.ID - Sejarah Hari Pahlawan perlu diketahui oleh setiap warga negara Indonesia. Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November di Indonesia. 


    Hal ini tertuang dalam surat Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang ditandatangani oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.


    Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November, tentunya bukan tanpa alasan. 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar setelah kemerdekaan, yang dikenal dengan pertempuran Surabaya.


    Sejarah Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya. Kamu tentunya perlu mengenali pertempuran Surabaya ini untuk memahami sejarah Hari Pahlawan di Tanah Air. 


    Pasalnya, peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk mengenang pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945 ini.


    Pertempuran Surabaya juga merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia, yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 


    Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya.


    Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.


    Catatan: Penulis adalah Kepala Biro Media indosatu.id di Sukabumi Raya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini