-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jam 3 Sore Puskesmas Tutup, Wanita ini Terpaksa Melahirkan di Halaman Puskesmas

    Redaksi
    01 Desember 2022, 03:39 WIB Last Updated 2022-11-30T20:46:24Z
    Banner IDwebhost

    Seorang wanita melahirkan di halaman Puskesmas 


    Medan, INDOSATU.ID - Seorang wanita hamil dikabarkan melahirkan di halaman gedung puskesmas (pusat kesehatan masyarakat).

    Kejadian itu terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial (medsos).

    Dalam video viral itu, tampak seorang wanita melahirkan di halaman sebuah puskesmas yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Rabu (30/11/2022).

    Video itu pun sontak viral dan dibagikan banyak netizen secara berulang-ulang.

    Dari informasi yang diperoleh, wanita itu disebut melahirkan di halaman karena gedung puskesmas dalam keadaan tertutup.

    Video tersebut tampak seorang wanita paruh baya terlihat lemas terduduk di lantai. 

    Terlihat pula ada bayi baru lahir yang masih berlumuran darah keluar dari bagian bawah wanita tersebut.

    Menurut penjelasan dalam video viral itu, peristiwa itu terjadi di Puskesmas Tukka.

    Puskesmas Tukka terletak di Jalan Humala Tambunan, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut).

    Dalam video itu terlihat wanita yang hendak melahirkan itu dipegangi oleh suaminya bernama Aro'oli Laia.

    Pria itu terlihat mengurut bagian leher dari wanita itu. 

    Informasi yang kemudian didapat, menyebutkan kejadian itu terjadi pada Sabtu (26/11/2022) yang lalu di Puskesmas Kecamatan Tukka, Tapteng.

    Dilansir dari laman situs berita lokal, Kadis Kesehatan Tapteng menyebutkan bahwa pasien datang di saat puskesmas sudah tutup.

    Dijelaskan lagi bahwa puskesmas itu tidak menerima pasien rawat inap, hanya rawat jalan.

    Sehingga puskesmas tutup di saat jam kerja telah usai.

    "Kejadiannya, pasien tidak tahu jadwal bersalinnya, kemudian nyampe di Puskesmas Tukka sekitar jam 15.00 WIB. Puskesmas Tukka adalah puskesmas rawat jalan bukan rawat inap. Jam operasional puskesmas sampai dengan jam 14.00 WIB," jelas Yetti, selaku Kadis Kesehatan Kabupaten Tapteng.

    Ditambahkannya, saat itu petugas dari puskesmas yang rumahnya di sekitar lokasi langsung datang dan memberikan bantuan. 

    Saat ini, kondisi ibu dan bayi yang dilahirkan disebut dalam keadaan sehat.

    "Namun keadaan situasional pasien langsung dibantu petugas puskesmas yang rumahnya berdekatan dengan puskemas. Persalinan dibantu di Puskesmas Tukka," ujar Yetti.

    "Setelah pasien sudah baik dan bayinya sehat, pihak puskesmas juga sudah mengantarkan langsung pasien ke rumahnya dengan ambulans puskesmas. Pihak puskesmas dan kecamatan tetap memastikan pasien dan bayi sehat dengan mendatangi langsung ke rumahnya. Pemkab tetap melayani masyarakat," pungkasnya.

    Keluarga Ucapkan Terimakasih

    Walaupun mengalami peristiwa yang tidak wajar, suami wanita hamil yang melahirkan di halaman Puskesmas Tukka itu mengucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas dan pemerintah Tapteng.

    Adalah Aro'oli Laia (suami) dan Hetti Hulu (istri), mereka mengucapkan terimakasih kepada pihak Puskesmas Tukka dan Pemkab Tapteng.

    "Kami ucapkan terima kasih atas pelayanan dari Puskesmas, sehingga istri dan anak saya bisa sehat. Kami ini masyarakat kecil, jangan ada lagi isu-isu yang lain, biarkan aku mencari nafkah untuk istri dan anak-anakku," ungkapnya. 

    Aro'oli Laia pun mengatakan bahwa peristiwa itu bukan karena kesalahan puskesmas namun kesalahannya sendiri.

    "Ini bukan kelalaian orang Puskesmas, ini kelalaian kami," ungkap Aro'oli Laiya lagi.

    Begini Kata Kepala Puskesmas Tukka

    Sementara itu, terkait seorang ibu melahirkan di teras Puskesmas Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, yang videonya viral dan beredar di media sosial itu, begini penjelasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah, Nursyam, S.KM, M.Kes bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Tapanuli Tengah Darwin Pasaribu, S.Sos dan Kepala Puskesmas Tukka dr Ester Surbakti, memberikan penjelasan terkait insiden seorang ibu melahirkan di teras Puskesmas Tukka itu.

    Kepala Puskesmas Tukka dr Ester Surbakti mengungkapkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Puskesmas Tukka, pada hari Sabtu (26/11/2022) sore.

    "Pasien yang melahirkan tersebut bernama Yetina Hulu (21thn), warga Bona Lumban Lk V, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kejadian tersebut terjadi pada hari Sabtu (26/11/2022) lalu, namun videonya baru beredar kemarin, di masyarakat dan juga media sosial,” kata Kepala Puskesmas Tukka, dr Ester Surbakti, pada Rabu (30/11/2022) di Kantor Dinas Kesehatan Tapteng.

    dr Ester menjelaskan, insiden tersebut berawal saat Yetina Hulu (40thn) bersama suaminya Aro'oli Laila datang ke Puskesmas Tukka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 

    Yetina datang bersama suaminya menggunakan sepeda motor. Namun setibanya di Puskesmas, ternyata pelayanan kesehatan sudah tutup. Tiba-tiba, saat masih berada di teras Puskesmas Tukka itu, terjadilah proses persalinan. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini