-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Parobasa Adakan Lomba, Guna Membangun Karakter Generasi di Bonapasogit Parbaba Samosir

    Redaksi
    05 Desember 2022, 14:30 WIB Last Updated 2022-12-05T07:30:56Z
    Banner IDwebhost

    Panduan mengikuti lomba yang diselenggarakan Panitia Parobasa Samosir 

    Medan, INDOSATU.ID - PAROBASA yang berkantor di Medan merupakan perkumpulan anak rantau dan orangtua dari kenegerian Parbaba Samosir.

    Parobasa (Perkumpulan Anak Rantau dan Orangtua dari Kenegerian Parbaba Samosir), didirikan guna membangun persaudaraan.

    Selain itu juga memperkuat rasa kekeluargaan dan dapat berkontribusi di dalam membangun keluarga anak rantau yang ada di medan sekitarnya, serta bonapasogit kenegerian Pababa.

    Parbaba merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Samosir, melingkupi Desa Parbaba Dolok, Desa Siopat Sosor, Desa Hutabolon, Desa Situngkir, Desa Sialanguan.

    Tindaklanjut hal tersebut, Badan Pengurus Harian (BPH) Parobasa melalui Panitia melaksanakan perlombaan – perlombaan guna mengedukasi serta membangun karakter para generasi/pelajar – pelajar di bonapasogit dan di perantauan.

    Hulman Sinurat, S.Pd., M.I.Kom., selaku Ketua Panitia Perlombaan Bercerita dan Video Kreatif Parobasa, kepada awak media 

    Ketua Panitia Perlombaan Bercerita dan Video Kreatif Parobasa, Hulman Sinurat, S.Pd., M.I.Kom., kepada awak media indosatu.id, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk partisipasi perantau dalam membangun bonapasogit (kampung asal).

    "Dan guna membangun bonapasogit, Panitia juga mengadakan perlombaan bagi tingkat umum dan mahasiswa yakni video kreatif untuk mendorong dan memotivasi pemanfaatan budaya populer terhadap peningkatan ekonomi," ungkap Hulman Sinurat.

    "Karena melihat desa – desa di Kenegerian Parbaba sangat banyak memiliki potensi – potensi, baik daya tarik yang membutuhkan sikap kreatif dalam penyebarluasan terhadap publik," ungkapnya lagi.
     
    Oleh karena itu, Panitia mengadakan Lomba membuat Video Kreatif bagi tingkat umum, sehingga para perangkat desa dan warga lainnya di Kenegerian Parbaba terdorong memasarkan segala potensi, baik daya tarik yang dimiliki setiap desa. 

    Seperti halnya situs cagar budaya peninggalan zaman megalitik Sorkafagus di Desa Situngkir serta panorama lainnya diperbukitan Parbaba.

    Perlombaan ini juga merupakan bagian dari strategi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Samosir dalam upaya peningkatan ekonomi kreatif masyarakat. 

    Diterangkannya, peningkatan ekonomi kreatif masyarakat dapat dilakukan melalui pengembangan potensi – potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus memiliki ide dan gagasan menuju inovasi.

    Bungaria Br Sihaloho selaku Sekretaris Panitia Perlombaan Bercerita dan Video Kreatif, menambahkan, tujuan dari pada kegiatan Parobasa dalam lomba bercerita dan video kreatif adalah untuk pembentukan karakter yang mumpuni.

    Lanjutnya, sehingga anak-anak sekitar Parbaba akan semakin kreatif, melatih kemampuan diri untuk kehidupan yang lebih baik.

    Masih kata Bungaria, selain itu, dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, keberanian dan percaya diri, serta mengembangkan kemampuan diri yang masih belum maksimal.

    Juga meningkatkan kemampuan membuat sesuatu hal yang dapat membuat orang lain tertarik dengan hal yang akan di ekplornya. 

    Untuk mengikuti perlombaan ini, para peserta dapat melihat petunjuk teknis yang telah disiapkan Panitia. 

    Peserta pun dapat mengikuti petunjuk di tautan berikut: https://bit.ly/PetunjukTeknisLombaPAROBASA22  dan mengikuti pendaftarannya SD: https://bit.ly/ParobasaSD, SMP : https://bit.ly/ParobasaSMP , SMA: https://bit.ly/ParobasaSMA, Mahasiswa : https://bit.ly/ParobasaMahasiswa dan tingkat Umum: https://bit.ly/ParobasaUmum

    (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini