-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemuda Batak Bersatu Se-Namorambe Deliserdang Lakukan Pengkawalan Perayaan Natal

    Redaksi
    24 Desember 2022, 14:07 WIB Last Updated 2022-12-24T07:07:26Z
    Banner IDwebhost

    Pemuda Batak Bersatu Se-Namorambe Deliserdang Lakukan Pengkawalan Perayaan Natal

    Deliserdang, INDOSATU.ID - Setiap akhir tahun, tepatnya di Bulan Desember, merupakan perayaan hari besar umat Kristiani.

    Cukup banyak perayaan Natal yang terlaksana di tengah-tengah masyarakat, sebab hari Natal merupakan momen sukacita bagi umat Kristiani.

    Perayaan Natal pun tidak hanya dilaksanakan perkumpulan Gereja, tetapi juga dilaksanakan organisasi, komunitas, kelompok, perkumpulan, dan lainnya.

    Dalam pelaksanaannya, Negara melalui institusi TNI-POLRI pun memberikan kepastian keamanan dan kekondusifan bagi umat Kristiani untuk merayakan hari besar tersebut.

    Selain institusi TNI-POLRI, ormas Pemuda Batak Bersatu (PBB) juga turut berpartisipasi dalam pengamanan hari besar umat Kristiani itu.

    Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Batak Bersatu (PAC PBB) Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang, Maringan Manik.

    "Kita PBB setiap akhir tahun selalu melakukan pengkawalan dan penjagaan rumah ibadah dalam perayaan Natal," tutur Maringan, Sabtu (24/12/2022).

    Pengkawalan dan membantu pengamanan tidak hanya dilakukan ketika hari besar Natal. Untuk hari raya Idul Fitri, para kader PBB Namorambe juga turut membantu pengamanan, puncaknya di sholat Ied.

    "Bukan hanya Natal, kalau Idul Fitri, kami juga melakukan pengkawalan dan pengamanan, agar saudara-saudara yang melaksanakan ibadah tidak mengalami gangguan," tuturnya lagi.

    Dalam bulan Desember akhir tahun ini, para kader Pemuda Batak Bersatu dari PAC Namorambe telah turut serta membantu TNI-Polri dalam pengkawalan pelaksanaan ibadah perayaan Natal di wilayah hukum Kecamatan Namorambe, Deli Serdang.

    Beberapa pengkawalan yang dilakukan kader PBB itu diantaranya, Gereja HKBP Cinta Damai, di Desa Delitua Kecamatan Namorambe, Jalan Perjuangan Gang Pisang.

    Pengamanan di GSJA Desa Ujung Labuhan, Jalan Perjuangan Gang Pembangunan. GKPI di Desa Ujung Labuhan, dan Gereja lainnya.

    Para kader PBB tampak berjaga-jaga di lokasi pintu masuk halaman Gereja. Selain melakukan pengkawalan, turut pula membantu menertibkan lokasi parkir agar tidak terjadi tumpang tindih.

    Salah satu kader PBB Namorambe, kepada awak media mengatakan, kegiatan tersebut sudah menjadi rutinitas bagi ormas PBB.

    Lanjutnya, tidak hanya perayaan Natal tapi juga perayaan hari besar semua agama. Bahkan tidak hanya dalam perayaan hari besar.

    Masih katanya, untuk acara dukacita, ormas PBB sering kali membantu melakukan pengamanan agar acara dapat berlanjutnya tanpa hambatan.

    "Kegiatan begini sudah cukup sering kita lakukan. Kita juga sering hadir di acara-acara duka," singkatnya.

    Wakil Sekretaris PAC PBB Namorambe, Naek Limbong, kepada awak media mengatakan, kegiatan-kegiatan itu sesuai arahan dari pimpinan pusat.

    "Jadi memang PBB ini identik dengan kegiatan sosial. Bahkan kita sering kali mengeluarkan dana pribadi untuk kebutuhan di lapangan," jelasnya.

    Untuk pengamanan dan pengkawalan ibadah hari Natal, kegiatan itu berdasarkan Surat Himbauan yang diterbitkan Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Batak Bersatu (DPP PBB) di Jakarta.

    "Kegiatan ini sesuai dengan instruksi pimpinan pusat melalui surat himbauan kepada seluruh kader PBB Se-Indonesia," jelasnya lagi.

    Lanjutnya, untuk memperlancar kegiatan di lapangan, semua kepengurusan PBB setiap tingkatan harus melakukan koordinasi dengan instansi TNI-Polri.

    "Kita tidak bergerak suka-suka. Wajib kita koordinasikan dengan TNI-Polri, dalam hal ini kita sudah layangkan surat pemberitahuan ke Mapolsek Namorambe," pungkasnya. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini