-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Anggota DPRD Sukabumi Komisi lll Hadiri Pelepasan Ekspor 52 Spesies Tanaman Hias Ke Negara Turki

    Kabiro Sukabumi
    17 Januari 2023, 15:14 WIB Last Updated 2023-01-18T12:07:53Z
    Banner IDwebhost

     

    Anggota DPRD Sukabumi Komisi lll Hadiri Pelepasan Ekspor 52 Spesies Tanaman Hias Ke Negara Turki


    SUKABUMI || INDOSATU.ID - Karantina Pertanian Tanjung Priok melepas komoditas ekspor pertanian 52 Spesies Tanaman Hias sebanyak 22.897 batang senilai 270 juta rupiah yang akan dikirim menuju ke negara Turki.

     

    Kegiatan itu di laksanakan di PT Lintas Globalindo Utama di Jalan Raya Cikukulu no 1525 Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kab Sukabumi, Selasa (17/01/2023).


    Acara pelepasan tersebut  dihadiri dari oleh Asda II Kabupaten Sukabumi, Forkofincam Cicantayan, Dewan Komisi III DPRD Sukabumi, Balai Besar Badan Karantina Tanjung Priok.

     

    Selain itu juga turut hadir Kadis Pertanian Kabupaten Sukabumi terwakili, Kadis Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi terwakili, Tenaga Bidang Ahli Implementasi Hasil, staf ahli perjanjian perdagangan international, Eksportir, UMKM tanaman hias.


    Anggota DPRD Sukabumi Komisi lll Hadiri Pelepasan Ekspor 52 Spesies Tanaman Hias Ke Negara Turki


    Saat di wawancara awak media Asda II menyampaikan, "Ini merupakan ekspor tanaman hias yang beragam jenis sebanyak 22.897 dari 52 spesies, dimana tanaman biasa yang tinggi nilai jualnya di luar negeri, dari pemerintah sendiri mensupport kegiatan ini agar UMKM di Kabupaten Sukabumi lebih meningkatkan," ucapnya.


    Lanjutnya, "Kami akan menginformasikan kepada masyarakat bahwa tanam hias  ini peluang untuk mendapatkan income kepada masyarakat atau petani, tinggal masyarakat memiliki produk yang nilai jualnya tinggi dan kedepannya di kita evaluasi," tutup Ahmad Riadi.


    Mustamin, sebagai Subkor Pelayanan Operasional Karantina Tumbuhan BBKP Tanjung Priok menuturkan, "Kami siap untuk memfasilitasi dan melengkapi untuk pengiriman negara tujuan, dan kami dari karantina tumbuhan memeriksa tumbuhan serta harus memastikan penyakit tumbuhan tidak terbawa ke negara tujuan," terangnya.


    Lanjut Mustamin, "Apa yang disyaratkan sesuai, untuk negara Turki dan Korea tiap bulan pasti ada, di mana kita menambah tiga kali lipat ekspor ke luar negeri. Setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan dan pembuatan Phitosanitary oleh Karantina Pertanian Tanjung Priok," tuturnya. 

     

    "Selanjutnya tanaman hias yang telah diperiksa akan diberangkatkan ke negara Turki. Karantina Pertanian menjamin kelengkapan dan keamanan dari tanaman hias yang akan dikirim," tutup Mustamin.


    Di tempat yang sama, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Agung menambahkan, "Saya atas nama DPRD dari Komisi III sangat mendukung kegiatan ini yang tentunya sangat bermanfaat dan membantu para petani untuk lebih meningkatkan hasil pertaniannya. Kami juga berterima kasih kepada seluruh elemen yang terus membantu kelancaran ekspor tanaman khususnya dari Sukabumi," ujarnya.


    Agung juga menambahkan, dengan adanya ekspor tanaman hias ini membuktikan bahwa petani di Kabupaten Sukabumi adalah petani yang luar biasa.


    Dia juga berharap agar kegiatan ekspor ini tidak hanya ke negara Turki, akan tetapi merambah ke negara-negara lain, agar tetap berlangsung untuk mendorong masyarakat lain untuk mengikuti ekspor produk pertanian lainnya.


    Pewarta: Rab Ripaldo
    Editor: Arif/ Kabiro Sukabumi Raya

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini