-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Penatua dan Jemaat Gereja HKBP Sukaramai 1 Panai Hilir Labuhanbatu Berharap Perhatian Perantau

    Redaksi
    14 Januari 2023, 21:39 WIB Last Updated 2023-05-02T22:21:03Z
    Banner IDwebhost

    Penatua dan Jemaat Gereja HKBP Sukaramai 1 Panai Hilir Labuhanbatu Berharap Perhatian Perantau

    Medan, INDOSATU.ID - Rumah ibadah umat Kristiani Gereja HKBP Sukaramai 1 mengharapkan perhatian dari para perantau.

    Gereja HKBP Sukaramai 1 merupakan pusat HKBP Resort Panai Hilir dan tergabung ke Distrik 26 Labuhanbatu.


    Sebelumnya, Resort Panai Hilir wilayah Labuhanbatu tergabung ke Distrik Aslab (Asahan Labuhanbatu).

    Pusat HKBP Resort Panai Hilir terletak di Jalan Gereja Blok 3 Dusun 4 Desa Sei Penggantungan, Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu.


    Harapan itu disampaikan penatua gereja tersebut di acara kebaktian ibadah awal tahun pada 1 Januari 2023 beberapa waktu lalu.

    Gedung Konsistori dan rumah dinas Pimpinan HKBP Resort Panai Hilir 

    Salah satu penatua Gereja HKBP Sukaramai 1, Nelson Limbong mengatakan agar kiranya gereja tersebut mendapat perhatian dari para perantau yang pernah mengenyam Sekolah Minggu di Gereja HKBP Sukaramai 1.

    "Sudah sangat banyak alumni sekolah minggu dari gereja ini yang sukses di perantauan. Hari ini kita melihat keadaan gereja ini, tentu masih banyak yang harus diperbaiki, baik secara menejemen maupun fisik bangunan," ucap Nelson Limbong, di hadapan para jemaat termasuk para perantau yang pulang kampung.


    "Kami orang tua di kampung ini sudah semakin menua, terkhusus para perantau, tolong lah diperhatikan keberlangsungan gereja kita ini agar lebih baik kedepannya," ucapnya lagi.

    Ungkapan itu disampaikannya usai mendengar kata sambutan dari salah satu perantau sebagai perwakilan.


    Sebelumnya, Okta Lumban Gaol, salah satu perantau yang pulang kampung dalam memperingati Hari Raya Natal dan Tahun Baru bersama orang tuanya mengatakan belum dapat bersumbangsih banyak terhadap Gereja HKBP Sukaramai 1.

    "Saya yang bernama Okta Lumban Gaol, salah satu perantau mengucapkan selamat tahun baru kepada semua orang tua kami, khususnya kepada pimpinan gereja dan penatua," tutur Okta, di awal kata sambutannya.


    "Tidak banyak yang bisa saya sampaikan, mohon didoakan kami seluruh perantau di perantauan kami masing-masing agar kelak kami bisa bersumbangsih untuk gereja yang sangat kita cintai ini," tuturnya lagi.

    Acara ibadah di Gereja HKBP Sukaramai 1 Resort Panai Hilir, Minggu (1/1/2023)

    Pimpinan Gereja HKBP Sukaramai 1, Pdt R Lumbanraja, pada kesempatan menimpali apa yang menjadi harapan HKBP Sukaramai 1 kepada para perantau.

    Ia menjelaskan, sebagai umat Kristiani, tentu apa yang didapatkan para perantau di perantauannya merupakan berkat karunia dari Tuhan.


    Lanjutnya, berkat tersebut tidak terlepas dari doa-doa orang tua yang tinggal di kampung. Tentu, hal wajar bagi perantau untuk membantu perkembangan kampung kelahirannya termasuk rumah ibadah.

    Terletak di Dusun 4 Desa Sei Penggantungan, Gereja HKBP Sukaramai 1 telah berdiri sekitar 35 tahun.


    Saat ini, gereja tersebut memiliki jemaat sekitar 86 KK. Dari jumlah tersebut, 7 KK merupakan anggota jemaat subsidi, yang artinya dibantu oleh pihak gereja dan tidak dibebankan dalam kewajiban apapun.

    Sebagai pusat HKBP Resort Panai Hilir, di areal bangunan Gereja HKBP Sukaramai 1 berdiri dua bangunan lainnya, yaitu Kantor Pusat Resort dan Rumah Dinas Pimpinan HKBP Resort Panai Hilir.


    Saat ini, HKBP Resort Panai Hilir beranggotakan 20 Gereja HKBP yang tersebar di wilayah Kecamatan Panai Hilir sekitarnya, dengan jumlah jemaat sekitar 900 KK. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini