-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Humbahas Minta Bidan Desa Bekerja Maksimal Tangani Stunting

    Redaksi
    17 Februari 2023, 19:45 WIB Last Updated 2023-02-17T12:45:38Z
    Banner IDwebhost

    Bupati Humbahas dengan Para Staff Puskesmas dan Pemerintah Desa | Foto: Trendy Purba/indosatu.id

    Humbahas, INDOSATU.ID - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor kunjungi Puskesmas Saitnihuta, Kecamatan Dolok Sanggul, Jum'at (17/2/2023) guna mengentaskan masalah stunting di Kabupaten Humbahas.

    Kunjungan Dosmar tersebut dihadiri oleh seluruh Bidan Desa di bawah kordinator Puskesmas Saitnihuta, Kepala Desa seputaran Puskesmas dan juga sejumlah perangkat desa.

    Acara tersebut membahas tentang penanganan stunting, dimana daerah tersebut terdapat desa dengan jumlah stunting tertinggi di kabupaten Humbahas yaitu desa Simarigung.

    Pada kesempatan itu, Dosmar menanyakan pada para Bidan Desa sebagai garda terdepan penanganan stunting, tentang hal-hal apa saja yang menjadi kendala para Bidan sehingga terdapat anak stunting di desanya masing-masing.

    Sementara itu, Bidan desa dari Desa Simarigung mengatakan kendala yang dihadapinya di Desa itu adalah air bersih dan sanitasi yang kurang, sehingga memicu terjadinya stunting.

    Dosmar berharap kepada para Bindes untuk selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat pra nikah, pasca nikah, ibu hamil dan ibu pasca melahirkan, tentang hal mencegah stunting.

    Dirinya juga meminta pendataan tentang stunting harus benar-benar akurat, guna dapat diberikan penyuluhan tentang pencegahan stunting hingga dapat diberikan bantuan vitamin ataupun makanan tambahan.

    "Kita jangan terpaku dengan pengukuran, harus terlebih data yang akurat, penyuluhan terhadap masyarakat pranikah, pasca nikah, ibu hamil dan pasca hamil, berikan mereka pemahaman tentang pola asuh orang tua," kata Dosmar.

    Dosmar juga meminta kepada Bidan desa jika ada anak yang berpotensi stunting agar segera dilaporkan pada kepala desa.

    Sementara untuk alat pengukur stunting, para Bindes meminta agar alat itu diseragamkan atau diserupakan setiap desa agar data yang didapat stunting bisa akurat dan tidak berbeda-beda acuannya.

    Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Makden Sihombing, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Saitnihuta dan Camat Dolok Sanggul.

    Pewarta: Trendy Purba
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini