-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kabupaten Humbahas Salah Satu Kabupaten di Sumut Menjadi Lokus Intervensi Perhutani

    Redaksi
    22 Februari 2023, 02:01 WIB Last Updated 2023-02-21T21:59:29Z
    Banner IDwebhost

    Kabupaten Humbahas Salah Satu Kabupaten di Sumut Menjadi Lokus Intervensi Perhutani | Foto: Trendy Purba/indosatu.id


    Humbahas, INDOSATU.ID - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Humbahas, Tonny Sihombing, pimpin Rapat Koordinasi Profiling Kebutuhan Pemberdayaan Perhutani Sosial dan kebutuhan Lapangan.

    Kegiatan ini dilaksanakan bersama Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dan tim (20/2/2023) di ruang rapat Sekretariat Daerah (Sekda) Humbang Hasundutan.


    Baca Juga: Hadiri Jum'at Curhat, Warga Sukabumi Keluhkan Pengendara Berknalpot Bising


    "Atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, kami mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Kepresidenan bersama tim, dalam rangka mengoptimalkan program perhutanan sosial yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat," ucap Tonny Sihombing dalam sambutannya.

    "Dimana masyarakat sebagai pengelola sumber daya hutan memiliki kepastian berusaha dan dapat dikelola secara berkesinambungan," sambungnyaa.


    Baca Juga: Petinggi NasDem Kunjungi Kantor Sekber Gerindra PKB, NasDem Tinggalkan Anies?



    Tonny Sihombing juga menambahkan, bahwa Pemkab Humbahas sangat mendukung program pemerintah ini, dimana perhutanan sosial merupakan sebuah program nasional yang bertujuan untuk melakukan pemerataan ekonomi melalui tiga pilar, yaitu lahan, kesempatan usaha dan sumber daya manusia.

    Program ini merupakan wujud asas keadilan dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya hutan untuk dijadikan tempat berusaha bagi masyarakat, mengembangkan sumber kehidupan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.


    Baca Juga: *Tulis Berita Tentang Narkoba, Wartawan di Panai Tengah Labuhanbatu Diancam



    Di Sumatera Utara (Sumut) terdapat 9 Kabupaten yang dipilih sebagai lokus intervensi pmberdayaan antara lain, Langkat, Simalungun, Serdang Berdagai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Samosir, Deli Serdang dan Humbang Hasundutan.

    Terdapat 3 Kabupaten dari 9 Kabupaten yang menjadi lokus intervensi pemberdayaan pertama, yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Samosir.


    Baca Juga: Mantra Penyair Sufi Sebagai Resep Penyembuh Jagat Raya Kita Yang Sakit

     

    Lokus intervensi pemberdayaan pertama ini dipilih berdasarkan ketersediaan KUPS dan kualitasnya, keaktifan Pemda dalam mendukung program PS, kuantitas SK per kabupaten, ketersediaan pemetaan sosial (kebutuhan pemberdayaan dan komoditi), insan dengan lokasi yang diserahkan Sknya oleh Presiden, asesibilitas serta kondusifitas atau minimnya konflik sosial/tenurial di lapangan.


    Baca Juga: Diisukan Bekingi Tambang Nikel Ilegal, Aminullah Siagian: Tempo Jangan Fitnah Presiden dan Kapolri



    Hadir juga dalam rapat ini oleh Kepala OPD, Kepala UPT Kesatuan Pengelola HUtan (KPH) XIII di Doloksanggul, Kepala UPT Kesatuan Pengelola HUtan (KPH) XII di Tarutung, Camat, Kepala Desa, dan Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH).

    Pewarta: Trendy Purba
    Editor: Lian

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini