-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Lama Hidup Tanpa Listrik, Dusun Lae Hundulan Humbahas Kini Terang Benderang

    Redaksi
    18 Februari 2023, 21:26 WIB Last Updated 2023-02-18T14:26:28Z
    Banner IDwebhost

    Bupati Humbahas (kiri), Dosmar Banjarnahor Bersama Manejer PLN UP3 Sibolga Resmikan Aliran Listrik


    Humbahas, INDOSATU.ID - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, resmikan jaringan listrik desa di Dusun Lae Hundulan Desa Tarabintang Kecamatan Tarabintang, Kamis (16/2/2023).

    Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dosmar dan menekan tombol bersama Manejer PLN UP3 Sibolga, Darwin Simanjuntak.

    Baca Juga: Jalin Kebersamaan, Pj Bupati Nagan Raya Melaksanakan Kunjungan Kepada Nelayan

    Camat Tarabintang, Serinaya Tinambunan menjelaskan, ada sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) jumlah penduduk di Lae Hundulan.

    Jaringan listrik ini sudah lama sekali didambakan masyarakat.

    "Tahun ini kami sudah  merasakan sukacita dan kemerdekaan atas terpenuhi harapan masyarakat Lae Hundulan mendapat penerangan listrik," jelas Serinaya Tinambunan.

    Baca Juga: Kanitpam PT Smart Padang Halaban Labura Tewas Dibacok Peninja Sawit

    "Masyarakat sangat bangga dan bersyukur atas perhatian dan kepedulian Bapak Bupati Humbahas dan Manager PLN UP3 Sibolga. Indonesia merdeka 77 tahun dan hari ini kami dapat menikmati kemerdekaan ini secara nyata," jelasnya lagi.

    Darwin Simanjuntak menjelaskan pembangunan jaringan listrik ke Dusun Lae Hundulan telah dilakukan sejak Oktober 2022 sampai Januari 2023 dan menelan biaya hampir Rp 1,6 miliar.

    "Banyak tantangan yang kami hadapi selama pembangunan, tapi dapat berjalan dengan baik atas dukungan masyarakat dan Pemkab Humbang Hasundutan. Pekerjaan ini belum sempurna tapi akan kami perbaiki semaksimal mungkin," kata Darwin.

    Baca Juga: Penatua dan Jemaat Gereja HKBP Sukaramai 1 Panai Hilir Labuhanbatu Berharap Perhatian Perantau

    "Kami berharap agar jaringan listrik yang sudah masuk agar dijaga dan dipergunakan dengan benar," kata Darwin lagi.

    Darwin juga mengatakan bahwa seluruh dusun yang belum dialiri arus listrik telah dicatat, dirinya berjanji akan segera membangun aliran listrik sesuai anggaran yang ada.

    "Dusun-dusun yang belum tersentuh listrik telah didata. Kami berjanji, dusun mana yang belum ada listrik sudah kami catat, mana nanti anggaran yang cukup akan kami laksanakan," jelas Darwin Simanjuntak.

    Baca Juga: KORNAS: Koalisi Perubahan atau Perubahan Koalisi?

    "Sehingga desa-desa di Humbang Hasundutan dapat menikmati listrik dari PLN," jelasnya lagi.

    Meha, salah satu warga mewakili tokoh masyarakat Lae Hundulan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbahas dan pihak PLN Sibolga atas perhatiannya kepada masyarakat, serta berharap pembangunan aliran listrik dapat berlanjut ke dusun yang belum dialiri listrik, serta juga akses jalan dan jaringan internet.

    "Kami merasa sangat senang atas pembangunan jaringan listrik ini, kami juga berharap pembangunan jaringan listrik  berlanjut sampai ke Dusun Lae Kapur yang bersebelahan dengan Dusun Lae Hundulan, Warga siap mendukung program-program yang dijalankan pemerintah," pinta Meha.

    Baca Juga: Head of Sumatera IOH, Fahd Yudhanegoro Bangga Berkarya untuk Indonesia

    "Pembangunan yang lain seperti akses jalan, internet kami juga sangat membutuhkannya," pinta Meha lagi.

    Sementara Dosmar memohon maaf karena baru sekarang pembangunan aliran listrik dapat terealisasi, dirinya juga mengatakan dengan terbangunnya jaringan listrik ke Lae Hundulan, masyarakat dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi.

    "Jaringan listrik ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak sekolah, Kami mohon maaf baru kali ini listrik bisa masuk, mungkin karena banyak keterbatasan kami, semua kebaikan ada tantangannya, tapi berkat kegigihan Camat, Kades, dan elemen masyarakat semua dapat terwujud," kata Dosmar.

    Baca Juga: Mahasiswa dan Pemuda Minta Kadis Perikanan Kabupaten Batu Bara Diperiksa

    "Jaringan listrik ke Lae Kapur akan diusahakan bekerjasama dengan pihak PLN serta pembangunan akses jalan akan dibangun tahun 2024 mendatang agar semua masyarakat di Humbang Hasundutan bisa merasakan pembangunan," tambah orang nomor satu di Humbahas itu.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Humbahas juga menjelaskan terkait matematika gasing dan penanganan stunting.

    Dengan adanya inovasi gasing (gampang asik dan menyenangkan) dalam pembelajaran matematika, kemampuan anak-anak semakin meningkat di Humbang Hasundutan.

    Baca Juga: Head of Sumatera IOH, Fahd Yudhanegoro Bangga Berkarya untuk Indonesia

    Mengenai stunting, Dosmar meminta agar masyarakat di desa saling menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit. Termasuk jangan BAB (buang air besar) sembarangan.

    Diharapkannya agar pemerintah desa (Pemdes) mendata warganya yang belum memiliki toilet, supaya dibangun dari anggaran dana desa yang nantinya akan dibantu anggaran dari pemerintah kabupaten, serta calon pengantin dan ibu-ibu hamil agar selalu konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke puskesmas guna mencegah anak terkena stunting.

    Pewarta: Trendy Purba
    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini