-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemkab Nagan Raya Audiensi Dengan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Sumatera

    Redaksi
    17 Februari 2023, 18:59 WIB Last Updated 2023-02-17T11:59:40Z
    Banner IDwebhost

    Pemkab Nagan Raya Audiensi Dengan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Sumatera

    Suka Makmue, INDOSATU.ID - Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si., menerima kunjungan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan (HAKA) Sumatera di ruang kerjanya komplek perkantoran Suka Makmue, Kamis (16/02/2023).

    Kunjungan yayasan Haka tersebut dalam rangka melakukan audiensi dengan Pemkab Nagan Raya membahas tentang penyelematan lahan Tripa dan mewujudkan Taman Hutan Raya (Tahura).

    Pada kesempatan tersebut, Paralegal Manager Haka Sumatera, Jehalim Bangun, S.H,. M.H., mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati yang telah rela meluangkan waktunya untuk melakukan audiensi dengan pihaknya.

    "Terima kasih saya sampaikan kepada ibu PJ Bupati Nagan Raya yang telah meluangkan waktunya untuk menerima kedatangan kami untuk melakukan audiensi ini," kata Jehalim.

    Jehalim menjelaskan yayasan Haka bergerak untuk menjaga lingkungan dan mewujudkan Taman Hutan Raya (Tahura).

    "Jadi yayasan HAKA ini bergerak untuk menjaga lingkungan dan mewujudkan Taman Hutan Raya," jelas Jehalim.

    Dengan terwujudnya Tahura di gambut tripa nanti juga dapat di kelola oleh pemerintah daerah dan bisa juga untuk dilakukan penelitian-penelitian serta bisa di manfaatkan masyarakat untuk meningkatkan ekonominya.

    "Kami mendorong untuk terwujudnya kawasan Tahura di gambut tripa dengan adanya hal itu nanti bisa di kelola oleh pemerintah dan bisa juga untuk dilakukan penelitian-penelitian serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonominya," kata Jehalim.

    Ia menyebutkan, berdasarkan data yang dimiliki ada sekitar 1.605 hektar eks HGU PT Kalista Alam yang saat ini berstatus sebagai tanah negara dan dari jumlah tersebut yang akan diupayakan untuk menjadi lahan lindung seluas 800 hektar.

    "Saya berharap dengan adanya audiensi ini Pj Bupati Nagan Raya berserta dinas terkait agar mendukung akan program ini guna menciptakan pembangunan kabupaten yang kita banggakan berkelanjutan khususnya di bidang SDA," kata Jehalim lagi.

    Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Fitriany Farhas mengatakan, kegiatan Taman Hutan Raya (TAHURA) dirinya sangat mendukung karena mengingat Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat luar biasa.

    "Program Tahura ini saya sangat mendukung mengingat kabupaten kita ini kaya dengan sumber daya alam yang sangat luar biasa," ujar Fitriany.

    Menurutnya, dengan adanya sumber daya alam yang luas diharapkan bisa dimanfaatkan dalam hal meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat.

    Kepada pihak Haka, Fitriany berharap agar dalam pelaksanaan program Tahura nanti untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan baik dan aman.

    "Jadi saya mengharapkan dalam pelaksanaan program Tahura nantinya tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan baik dan aman," tutup Fitriany.

    Kemudian, audiensi itu dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang HAKA "Sumber Daya Alam di Kawasan Rawa Gambut Tripa Sebagai Upaya Pengembangan Tahura di Kabupaten Nagan Raya," disampaikan oleh Crisna Akbar dari Forum Jurnalis Lingkungan Aceh.

    Turut hadir pada kegiatan audensi tersebut Kadis Perkebunan, Kadis Lingkungan Hidup (DLH), Kabid Amdal DLH, Pengawas Lingkungan DLH, Yayasan Apel Green Aceh dan Haka Sumatera serta Forum jurnal lingkungan HAKA Aceh.

    Pewarta: Rahmat Ritonga
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini