-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Puluhan Pemuda dan Mahasiswa Serahkan Perangkap Tikus ke Kantor Bupati Batu Bara

    Redaksi
    05 Februari 2023, 11:43 WIB Last Updated 2023-02-05T04:49:22Z
    Banner IDwebhost

    Ketua Perhimpunan Mahasiswa dan Mahasiswa Kabupaten Batu Bara menyerahkan perangkap tikus ke Kantor Bupati Batu Bara | Foto: Arwan

    Batubara, INDOSATU.ID - Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa dan Pemuda (Pemda) Kabupaten Batu Bara melakukan aksi unjuk rasa (unras) damai di depan Kantor Bupati.

    Setidaknya, mereka melakukan unras demonstrasi di 3 (tiga) tempat. Aksi itu bertujuan untuk menuntut agar oknum BPKAD Batu Bara ditindak dan diberikan sanksi atas dugaan pelanggaran etika disiplin asn.

    Menurut koordinator lapangan, Arwan Syahputra, mereka menduga oknum BPKAD Batu Bara memiliki istri siri tanpa izin atau sepengetahuan dari Bupati Batu Bara, Zahir. 


    Hal itu dinilai telah melanggar PP No 45 tahun 1990 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi PNS.

    Selain itu, juga diatur dalam UU No 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan, serta PP No 94 Tahun 2021 tentang peraturan disiplin PNS.

    "Kami meminta Bupati agar memerintahkan Baperjakat dan juga inspektorat agar melakukan investigasi lapangan terkait isu Ka BPKAD mempunyai istri siri simpanan," ucap Arwan Syahputra dalam tuntutannya, Rabu (01/02/2023).


    Massa aksi juga mendesak, bila dugaan pernikahan siri oknum kepala BPKAD itu terbukti secara sah dan meyakinkan, maka pihaknya mendesak Bupati agar mencopot oknum Ka BPKAD Batu Bara dan atau memberikan sanksi, sesuai pasal 8 ayat 4 PP No 94 Tahun 2021 Tentang peraturan disiplin PNS atau ASN. 

    "Penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan, pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan, dan pemberhentian dengan tidak hormat tidak atad permintaan sendiri sebagai pns," ujarnya.

    Lebih lanjut, massa dari Pemda Batubara juga menghadiahi perangkap tikus beserta pengaduan resmi di Kantor Bupati Batu Bara yang diterima langsung oleh Asisten 1 (satu) Setdakab Batu Bara, Rusian Heri.


    "Kami terima ini laporan dan perangkap tikus untuk disampaikan ke pimpinan ya, atas aksi dari adik-adik sekalian, tuntutan akan kami sampaikan kepada pimpinan," kata Rusian Heri, saat menyambut pengaduan peserta aksi.

    Setelah di kantor bupati, massa juga lanjut ke kantor DPRD Batubara dengan menghadiahi keranda mayat untuk mengingatkan dewan agar turut mendorong pengungkapan dugaan kasus tersebut. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini