-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Resmi Ditutup, Pekan Budaya Nusantara Terima 2 Piagam Rekor MURI

    Redaksi
    05 Februari 2023, 23:57 WIB Last Updated 2023-02-05T17:02:35Z
    Banner IDwebhost

    Resmi Ditutup, Pekan Budaya Nusantara Terima 2 Piagam Rekor MURI

    Sumut, INDOSATU.ID - Acara akbar Pekan Budaya Nusantara (PBN) 2023, yang diselenggarakan di halaman Vihara Maha Maitreya, Medan, Sumatera Utara (Sumut) berakhir pada Sabtu (5/2/23) malam.

    Pada acara penutupan, turut dipersembahkan pawai Tarian Naga (Liong) terpanjang yang secara simbolis dibuka oleh Dandim 0204DS Letkol CZI Yoga Febrianto, SH., MM., Tim MURI (Museum Rekor Indonesia), Dewan Kehormatan Lempabudti YIHLP, Kwik Sam Ho dan Moko Kusuma.


    Pawai Tarian Naga yang diarak sepanjang 2 km itu mendapat perhatian ribuan orang yang secara antusias menyaksikan acara tersebut.

    Penutupan PBN juga disertai dengan pemberian piagam dari MURI dan diselingi dengan berbagai aktraksi, serta permainan dan seni lintas etnis budaya.

    Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Kehormatan Tetap Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa Yayasan Istana Harta Lima Penjuru (Lempabudti YIHLP), Kwik Sam Ho mengatakan, dirinya merasa bangga karena penampilan kegiatan di acara PBN ini ada yang meraih penghargaan rekor Muri.


    "Pada penutupan acara pekan budaya nusantara 2023 ini, kita merasa bangga dengan penampilan berbagai macam etnis di Sumut," ujarnya.

    "Bahkan mendapat penghargaan dua rekor MURI, baik parade tarian naga terpanjang dan juga parade multi etnis dengan penampilan belasan etnis di Sumut," ujarnya lagi.

    Diakuinya, penghargaan itu tidak terlepas dari dukungan dari tokoh dan penggiat peduli akan kebudayan.


    Dirinya berharap, Provinsi Sumatera Utara  yang beragam etnis ini bisa menjaga kesatuan dan persatuan yang multikultural menjadikan Indonesia tangguh.

    Kegiatan PBN yang berlangsung mulai tanggal 1 sampai 4 Februari 2023 itu berhasil memecahkan rekor MURI dengan tajuk rekor  Tarian Liong Naga terpanjang, yakni sepanjang 208 meter.

    Selain itu, acara acara akbar tersebut juga memecahkan rekor MURI dengan tajuk rekor Lintas Etnis Terbanyak, yakni sebanyak 15 etnis.


    Piagam penghargaan rekor MURI diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Utama MURI, Osmar Semesta Susilo. 

    Piagam diserahkan kepada Robert Ongah didampingi Moko Kusuma selaku Dewan Kehormatan Tetap Lempabudti YIHLP, dan Agus Susanto Tan selaku anggota Pembina Kampus Institut Teknlogi dan Bisnis Medan (IT & B).

    Lebih lanjut dijelaskan oleh Ketua Pembina YIHLP yang juga Ketua Pengarah Panitia PBN, Ade Chandra, SH., MM., mengatakan, Lempabudti YIHLP sebagai Lembaga Penyelenggara mendapatkan hasil yang cukup memuaskan dengan mendapatkan 2 jenis rekor MURI.


    Lanjutnya, selain itu, menjadi kebanggaan warga Sumut. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih terkhusus kepada Lembaga Pemerintah, yakni Wantannas RI, Kemendikbudristek RI, Wakil Gubenur Sumut, Pemkab Deliserdang, dan Pemkab Sergai.

    Penutupan PBN sendiri ditandai dengan pemukulan tambur oleh tamu kehormatan dan juga panitia, diantaranya Kwik Sam Ho, Robert Ongah, Moko Kusuma, Ade Chandra  serta pemberian piagam penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dari Panitia PBN.

    Seiring dengan pemukulan tambur, penutupan PBN juga dimeriahkan dengan pesta kembang api. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini