-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sambut Hari Pers Nasional, Pemerhati Jurnalis Siber Laksanakan Seminar Nasional

    Redaksi
    07 Februari 2023, 17:46 WIB Last Updated 2023-02-07T10:53:14Z
    Banner IDwebhost

    Ketua Umum DPP PJS, Mahmud Marhaba diabadikan bersama Ketua DPD PJS Sumut, BNN Sumut, beserta tokoh Sumatera Utara | Foto: ist


    Medan, INDOSATU.ID - Salah satu organisasi Jurnalis bernama Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) menggelar seminar nasional, sekaligus Pelantikan Pengurus DPD, DPC Se-Sumatera Utara.

    Kegiatan ini dibuka dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023.


    Dalam kesempatan ini, mengangkat topik dengan tema: 'Peran Pers Dalam Mencegah dan Memberantas Peredaran Narkotika.


    Baca Juga: Pagelaran Seni dan Budaya Untuk Bhikkhu Girirakkhito Mahathera


    Berlangsung di Hotel Danau Toba Internasional, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, acara ini terlaksana dengan baik dan lancar, Selasa (07/02/2023).


    Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber yang merupakan tokoh pers nasional dari ibukota Jakarta, Mahmud Marhaba.


    Mahmud Marhaba merupakan salah satu tokoh pers nasional yang merintis berdirinya organisasi jurnalis Pemerhati Jurnalis Siber (PJS).


    Baca Juga: Parade Multi Etnis Budaya Nusantara 2023, Wantannas RI: Wujud Bhinneka Tunggal Ika


    Tidak hanya itu, beberapa organisasi pers yang saat ini menjadi konstituen Dewan Pers, juga pernah digagasnya bersama tokoh pers nasional lainnya sebagai perintis.


    Selain menghadirkan Mahmud Marhaba selaku Ketua Umum PJS sebagai narasumber, panitia seminar nasional ini juga menghadirkan Kombes Pol Soritua Sihombing, dari jajaran BNN Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


    Salah satu tokoh Ahli Pers di Sumut, Nurhalim Tanjung juga turut dihadirkan sebagai narasumber.


    Baca Juga: Kepergok Pesan Sabu, Mantan Camat dan Anggota DPRD Kota Pekalongan Ditangkap BNN


    Acara seminar nasional ini dipandu langsung oleh Edrin dari media Tribrata TV, sebagai moderator.


    Ketua Panitia Penyelenggara PJS Sumut, Gibson Simanjuntak, dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran dari Ketua Umum DPP PJS Mahmud Marhaba, Sekjen DPP PJS, Taswin Hasbullah, yang hadir dari ibukota Jakarta bersama rombongan.


    Pada kesempatan itu, Gibson juga berharap hasil diskusi seminar dan pelantikan hari ini dapat terlaksana dengan baik dan tertib, terlebih dengan menghadirkan narasumber yang telah diakui di bidang jurnalistik.


    Salah satu peserta seminar mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab dengan narasumber | Foto: ist

    Masih lanjut Gibson, ia turut pula menyampaikan ucapan terimakasih kepada BNN Provinsi Sumut, dimana Brigjen Pol Toga Panjaitan sebagai Kepala BNN Sumut, juga merupakan Pembina DPD PJS Sumut.


    Kombes Pol Soritua, pada sambutannya juga mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional tahun 2023 kepada awak media PJS DPD Sumut dan seluruh Indonesia.


    Mahmud Marhaba, selaku Ketua Umum DPP PJS mengatakan, di usia PJS yang masih 7 bulan telah berdiri di 26 Provinsi di Indonesia.


    Baca Juga: PRC Dit Samapta Polda Sumut Tangkap 6 Orang Geng Motor di Jalan Raya


    Selain berdiri di 26 Provinsi, PJS juga telah banyak melaksanakan kegiatan seminar tentang pers dan jurnalistik, yang tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan insan pers.


    "Kegiatan awal seminar dan pelantikan PJS di Sumut, menjadi bukti PJS menjadikan momentum yang sangat tepat hadirnya PJS Sumut saat perayaan Hari Pers Nasional yang berpusat saat ini di Kotamadya Medan," jelas Mahmud.


    Bung Joe Sijabat, salah satu pengurus yang juga panitia pelaksana mengatakan, saat ini media sosial menjadi sumber utama bagi masyarakat mencari informasi dan berita.


    Baca Juga: Puluhan Pemuda dan Mahasiswa Serahkan Perangkap Tikus ke Kantor Bupati Batu Bara


    Lanjutnya, tentu hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan media untuk terus mengembangkan kreativitas dan terobosan media digital, sehingga memiliki integritas dan dipercaya masyarakat.


    "Masifnya media sosial memang merupakan tantangan bagi para media mainstream. Kehadiran media sosial yang sekarang mendominasi membuat media mainstream harus membangun terobosan media digital secara kreatif dan melakukan konvergensi media," ucapnya.


    Baca Juga: Pertama dan Terbesar di Indonesia, MG Medan Resmikan Showroom Berkonsep 4S


    "Regulasi konvergensi memang perlu ada untuk mengatur persaingan antara media sosial dan media mainstream," ucapnya lagi.


    Usai pemaparan oleh para narasumber, para peserta acara diberikan kesempatan menyampaikan pertanyaan sekitar dunia jurnalistik dan pers pada sesi tanya jawab.


    Adapun para peserta yang hadir dari kalangan Mahasiswa, Pelajar, Aktivis dan lainnya. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini