-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sisihkan Rezeki, Bidan Desa Girijaya Berbagi Asa 'Sedekah Khitanan' Bagi Warga Sekitar

    Kabiro Sukabumi
    04 Februari 2023, 22:20 WIB Last Updated 2023-02-04T16:15:54Z
    Banner IDwebhost

     

    Sisihkan Rezeki, Bidan Desa Girijaya Berbagi Asa 'Sedekah Khitanan' Bagi Warga Sekitar


    SUKABUMI, INDOSATU.ID - Berbagi dengan Warga Lingkungan Keluarga Besar Agung Pratama dan Istrinya Rina Surliana seorang Bidan Desa di Puskesmas Girijaya, laksanakan sedekah Khitanan bagi warga sekitar, Sabtu (04/02/2023).
     
    Bidan yang dikenal ramah dan murah senyum ini, tentu saja sangat dikenal oleh warga sekitar sebagai salah satu bidan teladan yang sering membantu warga yang mengalami kesulitan.


    Kali ini, dengan niat yang tulus beberapa anak di lingkungannya merasakan kebaikan dari pihak keluarga bidan tersebut.

    Dengan adanya kegiatan sedekah khitanan, tentu saja sangat membantu warga sekitar yang digelar di Kampung Cireundeu, Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi.

    Menurut para Ulama fiqih, hukum khitan bagi anak laki-laki adalah wajib bagi umat muslim. 


    Artinya, hukum khitan bagi anak laki-laki adalah wajib dilakukan. 

    Khitan ini dilaksanakan sebelum laki-laki baligh, sedangkan untuk perempuan hukumnya sunnah atau hanya sebagai penghormatan. 
     
    Khitan atau sunat, adalah proses pelepasan kulit yang ada di ujung penis. Dalam masyarakat kita, khitan biasa dilakukan ketika seseorang masih berusia anak-anak, atau saat duduk di bangku sekolah dasar, sekitar usia 6 sampai 10 tahun.


    Dari sisi medis, ada banyak manfaat berkhitan, di antaranya mencegah terjadinya penyakit seksual menular, mencegah infeksi saluran kemih, mencegah penyakit pada penis, dan membantu menjaga kesehatan penis.

    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan seorang laki-laki untuk berkhitan dalam hadisnya, yang artinya,Hilangkanlah rambut kekafiran yang ada padamu dan berkhitanlah" (HR. Abu Daud).


    Sementara itu, keluarga besar Agung Pratama dan Istrinya Rina Surliana bersyukur kegiatan sedekah khitanan ini, bisa berjalan dengan baik. Walaupun, hanya diikuti oleh beberapa anak saja.

    "Alhamdulillah, dengan sedikit rezeki yang kami miliki, kami bisa berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yang ada dilingkungan kampung Cireundeu. Mudah-mudahan kegiatan amal ini bisa terus berkesinambungan kedepannya," ungkap Agung Pratama.


    "Kami selaku orang tua peserta penerima sedekah khitanan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarny. Semoga Allah yang akan membalas kebaikan keluarga ini," pungkas salah satu orang tua peserta.



    (Arif/Kabiro Sukabumi Raya)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini