-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dongkrak Perekonomian dan Lancarkan Aktivitas Warga, Pemdes Gunung Malang Kabupaten Sukabumi Aspal Jalan Poros Desa

    Kabiro Sukabumi
    06 Maret 2023, 20:18 WIB Last Updated 2023-03-06T17:02:27Z
    Banner IDwebhost

     

    Dongkrak Perekonomian dan Lancarkan Aktivitas Warga, Pemdes Gunung Malang Kabupaten Sukabumi Aspal Jalan Poros Desa | Foto: Arif/indosatu.id


    Sukabumi, INDOSATU.ID - Pemerintah Desa Gunung Malang Kecamatan Cikidang merealisasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap 1 Tahun 2023 untuk pengaspalan jalan poros desa dengan ruas Jalan Bantar Lopang - Gunung Malang sepanjang 450 meter dengan lebar 3 meter, Senin (6/03/2023).


    Baca Juga: Lepas 10 Ribu Benih Ikan di Kolam Tugu Bundaran Nol KM, Pj Bupati Nagan Raya Apresiasi Petugas Kebersihan


    Saat ditemui di lokasi pembangunan, Kades Gunung Malang mengatakan, bahwa pembangunan infrastuktur pengaspalan jalan poros desa merupakan prioritas Pemdes saat ini. 


    Hal tersebut guna mendukung pemulihan ekonomi masyarakat baik usaha mikro kecil maupun menengah. Juga melancarkan aktivitas warga desa secara umum.


    Papan plang proyek pengaspalan jalan poros desa

    "Pengaspalan jalan poros desa ini bertujuan agar nantinya akan berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga menjadi lancar," ujar Kades Gunung Malang.


    "Sebab, akses jalan menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian warga masyarakat," sambungnya.


    Baca Juga: GMNI Demo Kantor KPU Labuhanbatu, Sebut Komisioner Gagal


    "Karena segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya yakni akses jalan," jelas Kades.


    "Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga desa Gunung malang dan masyarakat pada umumnya," katanya.


    Baca Juga: Tak Kunjung Diperbaiki Pemprovsu, Pengusaha dan Warga Perbaiki Gorong-gorong Jalinsum di Padang Lawas


    Lebih lanjut, Ajang mengatakan, pengaspalan poros jalan desa ini menggunakan anggaran DD tahap satu tahun 2023, sebesar Rp 161.399.480,- yang direalisasikan untuk pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sesuai usulan warga tingkat kedusunan.


    "Pembangunan insfratruktur desa memang saat ini belum maksimal, lantaran keterbatasan anggaran. Oleh karenanya, pembangunan dilakukan secara bertahap," kata Kades lagi.


    Baca Juga: Menjelang Pilkades di Kabupaten Musi Rawas, Sobri Siap Maju Calon Kades Sumber Jaya


    Ia pun berharap setelah selesai nanti, agar warga bisa menjaga dan merawat jalan tersebut agar awet.


    "Insya Allah, tahun depan bisa kita anggarkan kembali untuk menyambung pembangunan jalan yang belum diaspal tahun ini," pngkas Ajang Rahmat.


    Pewarta: Rab Ripaldo

    Editor: Arif/Kabiro Sukabumi Raya

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini