-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Polres Purwakarta Tangkap Anak SMP Pengedar Obat Terlarang

    Redaksi
    21 Maret 2023, 02:12 WIB Last Updated 2023-03-20T19:21:01Z
    Banner IDwebhost

    Polres Purwakarta Tangkap Anak SMP Pengedar Obat Terlarang

    Purwokerto, INDOSATU.ID - Seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Purwakarta, berinisial RD (15 tahun) diamankan Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Purwakarta.

    Anak dari artis dangdut ternama Lilis Karlina diamankan Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Purwakarta lantaran mengedarkan obat yang tidak memiliki izin edar dan tidak memenuhi standar keamanan.


    Anak penyanyi dangdut yang hits dengan lagu goyang karawang tersebut diamankan Satres narkoba Polresta Purwakarta pada hari Minggu 12 Maret 2023.

    Menurut informasi yang dihimpun, RD tercatat sebagai warga Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta.


    Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyebut, penangkapan tersebut bermula dari informasi masyarakat bahwa ada penyalahgunaan narkoba kemudian Satres Narkoba Polres Purwakarta lakukan penyelidikan.

    "Setelah dilakukan penyidikan, kemudian pada Minggu, 12 Maret 2023 anggota Satres Narkoba Polres Purwakarta melakukan penangkapan terhadap RD yang berusia 15 tahun di daerah Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta. Dengan usia 15 tahun terus terang kita sangat miris," ucap Edwar, Senin (13/3/2023).


    Dari tangan RD, kata Kapolres, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 925 butir obat Hexymer, 740 butir obat tramadol dan 200 (dua ratus) butir obat trihexyphenidyl.

    "Pelaku yang masih duduk di bangku SMP kelas 3 ini membeli obat tersebut secara online, kemudian dia jual kembali secara online dan secara langsung kepada pembeli," sambungnya.


    Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 196 Undang Undang RI No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

    "Pelaku terancaman pidana paling lama 10 tahun penjara. Dari hasil pengembangan kasus RD,  Satres Narkoba Polres Purwakarta juga berhasil meringkus satu lagi pelaku berisial I (26) sebagai pengedar narkotika golongan 1 jenis sabu," jelas Kapolres.


    Dari tangan palaku I, lanjut dia, Polisi berhasil menyita barang bukti 2 paket narkoba jenis sabu.

    "Sodara I menjadi perantara untuk menjual  narkotika golongan 1 ke pelaku RD. Terhadap tersangka I terancam terjaring pasal 114 ayat 1 atau 112 ayat 1 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan kurungan maksimal 15 tahun," terangnya.


    Edwar menambahkan, upaya yang dilakukan Polres Purwakarta tersebut adalah bagian dari bentuk mengatasi narkoba dengan penegakan hukum.

    Menurutnya, penyalahgunaan narkoba sangat mengancam generasi muda. Pihaknya berkomitmen tidak pandang bulu dalam melakukan upaya penegakan hukum.


    "Polres Purwakarta tidak akan berhenti sampai di sini dalam mengatasi peredaran narkoba atau penyalahgunaan obat-obatan berbahaya di Kabupaten Purwakarta," tuturnya.

    Pewarta: Dodi
    Editor: Lian
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini