-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PWI Aceh Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pelajar

    Redaksi
    13 Maret 2023, 17:30 WIB Last Updated 2023-03-13T10:30:46Z
    Banner IDwebhost

    PWI Aceh Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pelajar


    Aceh Barat, INDOSATU.ID - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na, SE., M.Ec.,Dev., membuka kegiatan pelatihan jurnalistik bagi pelajar yang diinisiasi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Barat.

    Kegiatan ini bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat, Senin (13/3/2023).

    Baca Juga: Metode Gasing, dari Humbahas Ke Seluruh Indonesia

    Juga hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, Samsul Bahri, S.Ag., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat diwakili Kabid Kebudayaan, Kepala Dinas Kominsa Aceh Barat diwakili Kabid Statistik dan Persandian, Kepala Sekolah MTsS Harapan Bangsa Meulaboh, serta para siswa/siswi peserta pelatihan.

    Pelatihan yang digelar di Kantor Sekretariat PWI Kabupaten Aceh Barat tersebut berlangsung selama satu hari, yang diikuti sebanyak 30 pelajar dari Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Harapan Bangsa Meulaboh.

    Baca Juga: Proses Hukum Sengketa Tanah Udayana, I Nyoman Suastika Mendapat Dukungan Publik

    Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na, menyambut baik pelaksanaan pelatihan jurnalistik bagi siswa madrasah tsanawiyah yang diprakarsai oleh PWI Aceh Barat.

    "Kami mengapresiasi PWI Aceh Barat yang memiliki komitmen kuat bersama Pemerintah dalam upaya membentuk generasi muda Aceh Barat yang unggul, cerdas dan berwawasan," ucap Nyak Na.

    Baca Juga: DPD LIPPI Sumut Minta Poldasu Kondusifkan Isu Penculikan Anak di Tengah Masyarakat

    Nyak Na mengatakan, jurnalistik merupakan ilmu yang sangat penting dipelajari oleh generasi muda saat ini, khususnya bagi para pelajar sekolah guna menumbuhkan kreativitas dan menyalurkan minat menulis bagi para siswa/siswi, sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas tulisan, sekaligus mampu mendorong minat siswa dalam bidang literasi.

    Keterampilan menulis para pelajar ini, nantinya dapat dituangkan melalui berbagai media, seperti majalah dinding (mading) sekolah, website, blog, maupun media publikasi lainnya," katanya.

    Baca Juga: Aniaya Wartawan, Oknum Kades Tanjung Kurung Kabupaten PALI Resmi Dipolisikan KH Media Linksumsel

    Ia menjelaskan, makanya Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini, sebagai upaya untuk mendidik para generasi muda yang cerdas, agar mampu menyaring dan mengelola informasi maupun pemberitaan yang diterima, di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini berjalan.

    Nyak Na berharap para pelajar mampu untuk meningkatkan literasi serta membedakan bentuk berita yang benar dan bentuk berita bohong (hoax), sehingga nantinya informasi yang dibagikan ke publik tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri.

    Baca Juga: Politik Tanpa Identitas itu Uka-uka

    Ketua PWI Aceh Barat, Sa'dul Bahri, mengatakan, pihaknya berkomitmen bersama Pemerintah daerah untuk saling bersinergi dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Aceh Barat serta mendidik generasi muda Aceh Barat menjadi lebih cerdas, dan memiliki kemampuan literasi yang baik di tengah derasnya perkembangan teknologi digital saat ini.

    "Kegiatan ini semata-mata hanya untuk kemajuan daerah khususnya di bidang pendidikan," kata

    Sa'dul, yang juga merupakan wartawan media Serambi Indonesia itu.

    Baca Juga: Mantap, IOH Bangun 22 Sites di Musi Banyuasin, Bentuk Dukungan Smart Regency

    Ia juga menjelaskan bahwa materi pelatihan yang akan diberikan kepada para siswa adalah perkenalan ilmu dasar-dasar jurnalistik, sehingga nantinya para siswa memiliki kemampuan literasi yang baik, yang akan berguna di masa depan.

    "Dengan adanya literasi yang baik, akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis serta menyusun karya ilmiah dan melahirkan berbagai karya jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.


    Pewarta: Rahmat Ritonga
    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini