-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Anggota DPR RI Junimart Girsang Minta Kapolri Mengevaluasi Kapolda Sumut

    Redaksi
    03 Mei 2023, 02:55 WIB Last Updated 2023-05-02T20:02:04Z
    Banner IDwebhost

    Junimart Girsang, anggota DPR RI dari Dapil Sumut 3 | Foto: dok

    Jakarta, INDOSATU.ID - Salah satu anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memberikan raport merah terhadap kinerja Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.

    Ia adalah Junimart Girsang, anggota DPR RI dari dapil Sumut 3.


    Setelah memberi raport merah, Junimart membeberkan lebih detail perihal raport merah tersebut.

    Dijelaskan, dasar raport merah itu, mulai dari dugaan pembiaran peredaran narkoba, judi, hingga penegakan hukum yang dinilai tebang pilih.


    "Irjen Panca ini Kapolda Sumut terlama sepanjang sejarah yang minim prestasi. Saya sebagai wakil rakyat merasa sangat kecewa, dan berharap agar Kapolri segera melakukan evaluasi," ujarnya, dikutip dari sumber terpercaya, Rabu (3/5/2023) dini hari.

    "Sudah cukup lama Sumut dipimpin oleh perwira tinggi polisi yang hanya mampunya promosi," ujar polisi Partai PDIP ini.

    Ia juga menyoroti terjadinya dugaan pembiaran peredaran narkoba di Sumatera Utara, terutama di Kota Medan.


    Diketahui kemudian, beberapa waktu lalu, polisi telah melakukan penggerebekan di beberapa tempat yang diduga menjadi lokasi transaksi narkoba.

    Lokasi tersebut menurutnya sudah lama beroperasi, hingga akhirnya digulung (gerebek _red).

    Junimart menambahkan, dugaan peredaran narkoba tidak hanya berada di ibukota Provinsi Sumut itu, namun juga diduga terdapat di kabupaten kota lainnya.


    "Bukan hanya di Medan saja, saya mendapat laporan A1 (sumber terpercaya) dari masyarakat, bahwa di daerah lain juga sindikasi narkoba ini tetap merebak. Seperti di Siantar, Tanjung Balai, Asahan, Karo dan daerah lainnya. Demikian juga dengan judi, tetap berjalan seperti biasa," ungkap Junimart Girsang.

    Sebagai wakil rakyat dari Sumut, Junimart juga mengaku kecewa dengan kinerja Kapolda saat ini, Kapolda Sumut baru bergerak setelah viral.


    Oleh karena itu, wakil rakyat ini meminta Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, selaku Kapolri, melakukan evaluasi terhadap Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, selaku Kapolda Sumut.

    "Kapolri wajib bersikap tegas untuk penegakan hukum di Sumatera Utara," terangnya.

    Sebelumnya, Junimart Girsang dengan tegas mendesak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dengan tanpa syarat segera mengevaluasi kinerja Kapolda Sumut yang dijabat Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.


    Pasalnya, kata dia, saat ini terlalu banyak kasus-kasus hukum di Sumut yang justru melibatkan oknum polisi sebagai tersangkanya.

    Hal itu menurut Junimart, menjadi rapot merah bagi Kapolda Sumut yang sudah menjadi keharusan dan bahan evaluasi untuk Kapolri.


    "Kapolri sudah layak segera mengevaluasi Kapolda Sumut ini, karena sudah terlalu banyak kasus-kasus hukum yang melibatkan oknum polisi di Sumut," ucapnya.

    "Kapolda ini sepertinya hanya terlihat tegas keluar tetapi lembek ke internalnya, bahkan cenderung euforia pencitraan," tutur Junimart Girsang kepada wartawan. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini