-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bantai Thailand Dengan Skor 5-2, Garuda Muda Juara Sea Games Sepakbola

    Redaksi
    17 Mei 2023, 04:02 WIB Last Updated 2023-05-16T21:20:19Z
    Banner IDwebhost

    Timnas Indonesia U-23 rayakan kemenangan sebagai juara usai hajar Timnas Thailand U-23 dengan skor 5-2 | Foto: PSSI

    INDOSATU.ID - Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di pesta olahraga ASEAN Sea Games berhasil mengalahkan Timnas Thailand U-23 di partai final.

    Digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (16/5/2023) malam, Garuda Muda julukan Timnas Indonesia mampu mempecundangi Timnas Thailand.


    Tak tanggung-tanggung, anak asuh coach Indra Sjafri itu lesatkan 5 gol ke gawang Thailand.

    Sementara Timnas Thailand hanya mampu mencetak 2 gol ke gawang Indonesia yang dijaga Nando.

    Gol pertama pada laga ini dibuka pemain Indonesia melalui kepala Sananta isai menerima lemparan bola out yang dilakukan Dewangga.


    Meniru gaya lemparan Arhan Pratama yang tak dimainkan, Dewangga langsung melempar bola ke depan gawang Thailand. Tanpa pikir panjang, Sananta menanduk bola yang kemudian mengenai paha pemain Thailand hingga berujung gol.

    Indonesia unggul awal dan berhasil membuka keunggulan 1-0 lewat tandukan Sananta pada menit ke-20.

    Indonesia terakhir kali mencicipi gelar juara di Filipina pada Sea Games 1991 juga mengalahkan Thailand di babak final.


    Di menit ke-49, Indonesia berhasil menambah gol. Adalah ewat sontekan Sananta meneruskan umpan jarak jauh yang dilakukan Rizky Ridho.

    Gol itupun menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0 atas Timnas Thailand, skor tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

    Tertinggal 2-0 dari Indonesia membuatku para pemain Thailand semakin ngotot sejak awal babak kedua, namun pertahanan Indonesia sulit untuk dibobol para pemain negara gajah putih itu.


    Thailand baru berhasil mencetak gol dan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat tandukan Anan Yodsangwal, usai meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan dari sudut lapangan.

    Memasuki menit-menit akhir Babakan kedua di masa injury time, Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 98, atau menit ke-8 di masa injury time setelah 90 menit usai.

    Gol itu pun membuat Indonesia gagal menang di masa 2 X 45 menit waktu normal.

    Karena memiliki skor yang sama, laga Indonesia versus Thailand harus dilanjutkan dengan extra time 2 X 15 menit.


    Baru 2 menit dimulai pada masa extra time, pemain Indonesia atas nama Jauhari berhasil mengelabui penjaga gawang Thailand dengan kaki kanannya.

    Jauhari dengan santai menyontek bola melewati kepala penjaga gawang Thailand hingga akhirnya berbuah gol.

    Alhasil Indonesia kembali unggul 3-2 atas Thailand. Anak asuh Indra Sjafri itu nyaris menambah skor lewat peluang emas Marselino di menit ke-105 masa extra time.


    Namun peluang itu tidak berhasil dikonversi menjadi gol, tendangan Marselino masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand.

    Memasuki babak kedua extra time, Fajar berhasil menambah skor keunggulan untuk Indonesia, skor 4-2 membuat Thailand semakin tertinggal.

    Pemain Thailand yang telah tertinggal 2 gol dari Indonesia tampak tetap berusaha untuk mencetak gol.


    Namun Thailand malah bernasib sial, satu orang pemainnya harus meninggalkan lapangan hijau usai diganjar kartu merah, akumulasi kartu kuning kedua atas nama Anan.

    Bermain dengan 10 orang pemain, Indonesia semakin leluasa mengobrak abrik pertahanan Timnas skuad Gajah Perang tersebut.

    Keadaan itupun tidak disia-siakan para pemain Garuda Muda. Beckham Putra mencetak gol penutup untuk memastikan keunggulan Indonesia atas Thailand dengan skor akhir menjadi 5-2.


    Dengan hasil ini, Timnas Garuda Muda berhak menerima medali emas untuk cabor sepakbola putra.

    Kemenangan ini juga merupakan kemenangan yang telah ditunggu lama sejak tahun 1991.

    Sejak 1991 hingga tahun 2022, Sea Games cabor sepakbola tidak pernah dimenangkan Indonesia. Hingga tahun ini 2023, Indonesia kembali meraih medali emas.


    Jokowi Ucapkan Selamat

    Presiden Jokowi yang saat ini sedang berada di Kota Medan, sangat mengapresiasi permainan Garuda Muda Indonesia di SeaGames 2023 yang dilaksanakan di Kamboja.

    "Malam ini begitu luar biasa. Pertandingan yang dramatis, yang diwarnai hujan kartu merah dan kartu kuning, gol-gol indah bahkan di detik-detik tambahan waktu, tersaji dalam 120 menit," sebut Presiden Indonesia itu, melalui laman resminya.

    "Malam ini, tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepakbola dari Sea Games 2023, dengan mengalahkan tim kuat Thailand 5-2 di final. Sebuah penantian panjang selama 32 tahun yang berbuah manis," tulis Jokowi.


    "Dari Medan, Sumatra Utara, saya menyaksikan perjuangan Tim Nasional Indonesia U-22 dengan tegang namun puas. Selamat, Garuda Muda," tutup mertua Walikota Medan itu.


    Raih Juara, Erick Thohir Bersyukur

    Mampu mengalahkan Timnas Thailand merupakan hal yang membanggakan bagi Garuda Muda, begitupun bagi Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

    Pasalnya, Indonesia belum pernah juara pada Sea Games cabor sepakbola sejak 1992. Indonesia harus menunggu 32 tahun untuk dapat meraih juara kembali.

    "Alhamdulillah, penantian 32 tahun berakhir. Timnas sepak bola Indonesia berhasil membawa pulang emas di SEA GAMES 2023!," ujar Ketum PSSI itu, dilansir dari akun resminya, Selasa (16/5/2023) malam.


    "Alhamdulillah ya Allah, Engkau ridhoi perjuangan anak-anak kami. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat yang tidak henti-hentinya. Emas ini bukti bangsa kita adalah bangsa pejuang," sebut Erick Thohir.

    Sebelumnya, Indonesia Tumbangkan Vietnam di Semifinal Dengan Skor 3-2

    Sebelum berhadapan dengan Thailand di partai final, Indonesia harus melakoni laga menghadapi Timnas Vietnam.


    Berada di peringkat 95 dunia, tidak membuat para pemain Garuda Muda jatuh mental.

    Marselino dan kawan-kawan mampu melayani permainan Vietnam hingga meraih skor akhir 3-2 untuk kemenangan anak asuh Indra Sjafri itu.

    Berhasil mengalahkan Vietnam di semifinal, Indonesia berhadapan dengan Thailand di partai final, yang kemudian mencatatkan 5 gol di papan skor untuk kemenangan Garuda Muda. (Dika/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini