-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketua Komnas WI Deliserdang Tumpal Manik Harapkan Peningkatkan SDM Jurnalistik

    Redaksi
    24 Mei 2023, 02:22 WIB Last Updated 2023-05-23T19:29:29Z
    Banner IDwebhost

    Ketua Komnas WI Deliserdang, Tumpal Manik (kiri) Harapkan Peningkatkan SDM Jurnalistik

    Deliserdang, INDOSATU.ID - Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) jurnalis sebagai insan pers, dinilai perlu melakukan pembinaan terhadap para jurnalis.

    Hal itulah yang diungkapkan Ketua DPD Komisi Nasional Wartawan Indonesia (Komnas WI) Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Tumpal Manik, Selasa (23/5/2023) saat rapat koordinasi dengan anggota.


    Menurutnya, tantangan terbesar bagi dunia jurnalisme saat ini adalah, bagaimana menjadikan media sebagai alat untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

    "Jurnalisme bukanlah dunia yang berdiri sendiri, melainkan menyatu dengan nafas dan denyut nadi kehidupan masyarakat. Karena itu, setiap kerja-kerja jurnalistik juga harus mengacu pada upaya ikut mendorong kesejahteraan masyarakat, dengan tetap berlandaskan pada kaidah-kaidah dan etika jurnalistik," ungkap Tumpal.


    Melansir dari Undang-Undang (UU) Pers Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3, disebutkan bahwa pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.


    Lanjut Tumpal, untuk menciptakan SDM yang berkualitas di dunia jurnalistik, ia mengajak seluruh anggota Komnas WI Kabupaten Deliserdang untuk menjalankan dan melaksanakan program yang berkualitas serta bermanfaat bagi masyarakat, instansi pemerintahan, institusi, sesuai dengan peraturan jurnalistik tersebut.

    Selain itu, ia juga menjelaskan pentingnya menjalin kemitraan dengan seluruh pihak-pihak terkait demi menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ).


    Dengan demikian, kata Tumpal, diharapkan dapat terciptanya peran-peran Komnas WI yang positif dalam pemberitaannya di Kabupaten Deliserdang.

    Bertempat di Cafe Kopi Bang Zaki di Tanjungmorawa, Tumpal juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar tetap mendukung program kerja Komnas WI Deliserdang, sesuai dengan koridor yang berlaku. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini