-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PJ Bupati Nagan Raya: Gunakan Dana Desa Sesuai Mekanisme Untuk Kesejahteraan Masyarakat

    Redaksi
    13 Mei 2023, 14:58 WIB Last Updated 2023-05-13T08:04:08Z
    Banner IDwebhost

    PJ Bupati Nagan Raya: Gunakan Dana Desa Sesuai Mekanisme Untuk Kesejahteraan Masyarakat | Foto: Rahmat

    Suka Makmue, INDOSATU.ID - Penjabat (PJ) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si., membuka acara 'Sosialisasi Dana Desa Tahun Anggaran 2023 dan Penandatanganan Fakta Integritas Gampong'.

    Kegiatan ini digelar di Aula Setdakab Komplek Perkantoran Suka Makmue, Jum'at (12/05/2023).


    Pada kesempatan itu, Fitriany Farhas memaparkan materi tentang 'Arah Pengunaan Dana Desa Tahun 2023'.

    Ia mengatakan bahwa tugas pemerintah daerah hanya mengarahkan bagaimana penggunaan dana tersebut.


    "Jika ada yang tidak dipahami, maka bertanyalah, dan saya meminta dalam menyalurkan dana desa nanti jangan memilah-milah," kata PJ Bupati.

    "Bapak dipilih oleh masyarakat, maka berlakulah adil dalam menyalurkan bantuan atau hal lainnya," tambahnya.

    Terakhir, Fitriani Farhas mengajak para Keuchik Gampong (Kepala Desa_red) untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun suatu wilayah.


    "Mari bersama saya dan Forkopimda untuk membangun Nagan Raya yang kita banggakan ini," ajak Fitriyany Farhas.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Damharius, S. Pd., M. Si., dalam laporannya menjelaskan, dana desa merupakan pemasukan di setiap gampong untuk meningkatkan sarana masyarakat berupa pemenuhan kebutuhan dasar.

    Selain itu, juga untuk penguatan lembaga gampong dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat yang diputuskan melalui Musrenbang Desa.


    "Tujuan disalurkan dana desa adalah bentuk komitmen pemerintah dalam melindungi dan memberdayakan gampong agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis," tutup Damharius 

    Kemudian acara itu dilanjutkan dengan Pemaparan materi tentang 'Solusi Menekankan Inflasi Dengan Perternakan dan Pertanian', oleh Dandim 0116 Nagan Raya Letkol. INF Tony Setyo Widodo.

    Damdim mengajak seluruh para Keuchik Gampong untuk meningkatkan kebiasaan seperti menanam dan memelihara ternak guna menekan inflasi daerah.


    "Ini merupakan salah satu langkah untuk menurunkan angka inflasi yang terjadi saat ini," pinta Dandim 0116 Nara.

    Sementara itu, Kapolres Nagan Raya, AKBP Setiyawan Eko Prasetya SH., S.IK., melalui Kasat Reskrim AKP Machfud yang turut menjadi pemateri pada kegiatan tersebut, dalam paparannya mengingatkan bahwa dana desa untuk kesejahteraan masyarakat bukan kesejahteraan aparatnya.

    "Anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk kemakmuran masyarakat," ujar AKP Machfud.


    Dikatakan, dengan penggunaan dana yang tepat sasaran akan mencegah konflik dalam desa.

    Pada kesempatan yang sama, Kajari Nagan Raya, Muib, SH., MH., dalam paparannya mengungkapkan, dalam menjalankan segala hal maka tergantung niatnya.

    "Maka jika ingin bapak aman dalam menjalankan tugas sebagai kepala desa luruskan niatnya terlebih dahulu," harap Kajari, Muib yang juga sebagai pemateri.


    Selanjutnya, pada kesempatan itu, PJ Bupati Nagan Raya menyerahkan penghargaan kepada desa mandiri, yakni Gampong Simpang Peut, Langkak dan Blang Tengoh serta Penyamatan PIN kepada geuchik gampong tersebut.

    Diakhir acara turut dilakukan penandatanganan fakta integritas bersama oleh PJ Bupati Nagan Raya dan para Keuchik Gampong (Kepala Desa_red).


    Hadir pada kegiatan tersebut, para Forkopimda, Kepala SKPK terkait, Para Camat, serta Keuchik Gampong dalam lingkup Kabupaten Nagan Raya.

    Kontributor: Rahmat Ritonga
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini