-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisbar Khenoki Waruwu Buka Pelaksanaan Seleksi Taruna Kelautan dan Perikanan 2023

    Redaksi
    21 Juni 2023, 11:37 WIB Last Updated 2023-06-21T04:45:00Z
    Banner IDwebhost

    Bupati Nisbar Khenoki Waruwu Buka Pelaksanaan Seleksi Taruna Kelautan dan Perikanan 2023

    Nisbar, INDOSATU.ID - Khenoki Waruwu, selaku Bupati Nias Barat (Nisbar) membuka secara resmi pelaksanaan seleksi Calon Taruna/Taruni Kelautan dan Perikanan, yang diikuti sebanyak 35 orang calon yang telah lulus seleksi administrasi Se-Kepulauan Nias.

    Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Camat Sirombu Kabupaten Nisbar ini berjalan dengan baik, Selasa (20/06/2023).


    Adapun pelaksanaan seleksi tersebut diantaranya Seleksi Fisik, Kesehatan dan Wawancara.

    Dalam pelaksanaannya, seleksi ini berjalan selama 2 (dua) hari, yaitu pada hari Selasa (20/06/2023) pelaksanaan seleksi fisik dan kesehatan, sedangkan pada hari Rabu (21/06/2023) pelaksanaan seleksi wawancara.


    Penunjukan Kabupaten Nisbar sebagai salah satu wilayah rayon seleksi Calon Taruna/Taruni Kelautan dan Perikanan di wilayah Kepulauan Nias, merupakan tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nisbar dengan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

    Bupati Nisbar Khenoki Waruwu, dalam sambutannya mengatakan bahwa ditetapkannya Kabupaten Nisbar sebagai lokasi pelaksanaan Seleksi Calon Taruna/Taruni Kelautan dan Perikanan, merupakan hal yang patut diapresiasi.

    Menurut Khenoki, karena penetapan ini akan semakin memberikan kemudahan bagi pemuda-pemudi calon Taruna/Taruni, khususnya di Kepulauan Nias.


    "Sangat patut kita apresiasi dan kita syukuri, karena dengan dijadikannya Kabupaten Nias Barat sebagai salah satu rayon pada pelaksanaan tes fisik, kesehatan dan wawancara, tentu sangat membantu peserta seleksi, terutama dalam meminimalisir biaya transportasi dan biaya lainnya," jelas Bupati Khenoki.

    Orang nomor satu di Kabupaten Nisbar itu juga berharap pelaksanaan seleksi di hari pertama dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    Selain itu, kata Bupati Khenoki, menjadi motivasi bagi seluruh peserta serta menjadi pintu gerbang lahirnya generasi muda Kepulauan Nias yang unggul, berdaya saing, kompeten dan profesional dalam mengelola sektor kelautan dan perikanan yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat.


    "Semoga seleksi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi pintu gerbang untuk menghasilkan para generasi muda yang memiliki sumber daya manusia yang kompeten, unggul dan berdaya saing global dalam menghadapi revolusi industri di sektor perikanan dan kelautan guna mendukung terwujudnya indonesia sebagai poros maritim dunia, tutur Bupati Khenoki, dengan penuh harap.

    Hal senada disampaikan oleh Yudi Prasetia Handoko, mewakili Tim Penguji dari Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Jakarta.

    Bupati Nisbar Khenoki Waruwu Buka Pelaksanaan Seleksi Taruna Kelautan dan Perikanan 2023

    Yudi berharap pelaksanaan seleksi yang telah melalui beberapa tahapan dan koordinasi yang melibatkan banyak pihak, dapat menghasilkan Calon Taruna/Taruni terbaik yang diterima dan dididik di Politeknik Perikanan dan Kelautan.

    "Harapan kami bahwa melalui proses seleksi ini terjaring banyak putra/putri dari Kepulauan Nias yang dididik menjadi Taruna/Taruni di Politeknik Kelautan dan Perikanan," sebutnya.


    "Dengan demikian, setelah mengikuti pendidikan, akan memiliki SDM yang unggul dan kompeten dan kembali ke Nias untuk membangun dan mengembangkan potensi perikanan dan kelautan di wilayah ini," tandasnya.

    Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Nias Barat, Ernawati Gulo, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa calon Taruna/Taruni Baru Kelautan dan Perikanan Tahun Akademik 2023/2024 dari Kepulauan Nias yang lolos administrasi berjumlah 48 orang.


    Mereka diantaranya yakni, dari Kabupaten Nias Barat 21 orang, Kota Gunungsitoli 13 orang, Kabupaten Nias Utara 8 orang, Kabupaten Nias 5 orang dan Kabupaten Nias Selatan 1 orang.

    Dari 48 orang Calon Taruna/Taruni tersebut, 35 orang diantaranya memilih Kabupaten Nias Barat sebagai lokasi seleksi fisik, kesehatan dan wawancara, jelas Ernawati Gulo.

    Kontributor: Faagulo
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini