-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    11 Kades di Batangkuis Deliserdang Sepakat Terbitkan 'Buletin Batangkuis'

    Redaksi
    06 Juli 2023, 08:30 WIB Last Updated 2023-07-06T01:30:00Z
    Banner IDwebhost

    Kades Bakaran Batu Muslim Susanto saat memperkenalkan 'Buletin Batangkuis'kepada Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan | Foto: dok

    Deliserdang, INDOSATU.ID - Wilayah Kecamatan Batangkuis memiliki 11 (sebelas) desa. Tentunya setiap Pemerintah Desa (Pemdes) masing-masing memiliki program yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang sama, yakni demi kemajuan desa.

    Salah satunya adalah untuk mensejahterakan masyarakatnya yang dirangkum dalam visi dan misi demi menuju desa pembangunan.

    Sebelas desa yang terdapat di Kecamatan Batangkuis Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara (Sumut) dikenal dengan kekompakan antar Kepala Desa (Kades) di kecamatan ini.


    Hal ini tampak dari kebersamaan antar Kades yang sesering mungkin melakukan silaturahmi yang dituangkan dalam sebuah pertemuan.

    Dalam pertemuan itu juga tertuang beberapa wacana untuk pembangunan desa bersama. Terbukti, beberapa program bersama telah berjalan sesuai dengan rencana.

    Program-program kinerja dalam kebersamaan ini tentunya layak untuk dipublikasikan ke masyarakat. Terlebih terkait beberapa himbauan yang diterbitkan Pemdes yang sepatutnya diketahui masyarakat desa.

    Bentuk 'Buletin Batangkuis' tampak sampul depan | Foto: dok

    Untuk itu, para Kades di kecamatan ini sepakat melakukan sosialisasi dalam bentuk publikasi yang dituangkan ke dalam sebuah surat kabar berbentuk buletin.

    Sebagai kesatuan dari pemerintahan Kecamatan Batangkuis, mereka sepakat memberi nama 'Buletin Batangkuis'.

    Dalam surat kabar buletin tersebut, setiap kinerja Pemdes di kecamatan itu akan dipublikasikan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat desa setempat.

    Dengan adanya 'Buletin Batangkuis', para Kades berharap nantinya masyarakat akan semakin bersedia memberikan dukungan dan kontribusi untuk kemajuan desa masing-masing.

    Dari informasi yang dihimpun, terobosan ini diprakarsai oleh Kades Bakaran Batu Muslim Susanto. Ide baik itu pun langsung disambut baik oleh 10 (sepuluh) Kades lainnya yang berada di bawah pemerintahan Kecamatan Batangkuis.


    Diterbitkan sejak Mei 2023, kini surat kabar 'Buletin Batangkuis' telah terbit untuk ke-tiga kalinya.

    Muslim Susanto yang juga Kades Bakaran Batu menjelaskan bahwa buletin tingkat kecamatan ini diterbitkan satu kali setiap bulan.

    "Buletin Batangkuis terbit satu kali satu bulan sebagai wadah informasi bagi masyarakat desa," terangnya.

    Terobosan 11 Pemdes di Kecamatan Batangkuis ini pun mendapat apresiasi dari Bupati Deliserdang Ashari Tambunan. Selain itu, Tokoh Nasional Arist Merdeka Sirait, selaku Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) juga memberikan dukungan terhadap ide kreatif tersebut.

    "Buletin ini merupakan bentuk dokumentasi kinerja dan kegiatan tiap-tiap Pemdes di Batangkuis setiap bulannya. Sudah 3 kali penerbitan hingga saat ini," tutur Muslim Susanto, melalui siaran pers yang diterima awak media indosatu.id.


    Ia pun membenarkan bahwa penerbitan surat kabar 'Buletin Batangkuis' itu sesuai dengan kesepakatan para Kades di kecamatan itu.

     "Surat kabar berbentuk tabloid ini dibuat sesuai hasil kesepakatan seluruh Kades di Batangkuis. Harapannya, bisa saling mengetahui kegiatan masing-masing desa, dan bisa bersama membangun Batangkuis kearah yang lebih baik lagi," jelasnya.

    "Diterbitkannya 'Buletin Batangkuis', bukan berarti kita memutus silaturahmi dengan para awak media. Dengan adanya surat kabar tabloid ini, insan pers akan lebih mudah menjangkau kegiatan Pemdes yang ada di Kecamatan Batangkuis. Kita juga sangat butuh saran dan kritik dari semua kalangan," ungkap Muslim.

    Di sisi lain, 'Buletin Batangkuis' ini dapat menjadi wadah untuk saling mengisi antar sesama Kades.

    Sesama Pemdes juga dapat saling memberikan masukan dan pandangan positif tentang berbagai hal.

    "Tentunya asa untuk menjadikan Kecamatan Batang Kuis yang kita cintai ini semakin maju," ucapnya.

    Muslim Susanto ketika memperkenalkan 'Buletin Batangkuis' kepada Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait | Foto: dok

    Dijelaskannya lagi, dengan adanya buletin tersebut, diharapkan setiap Pemdes mampu mengembangkan diri menjadi desa yang mandiri dan terukur.

    "Jangan sampai apa yang telah kita capai saat ini menjadikan kita berbangga hati, namun justru harus menjadi cambuk untuk terus memunculkan daya kreatifitas, memupuk diri dengan menjadikan media ini untuk saling asah dan asuh," ujar Muslim.

    "Intinya, surat kabar 'Buletin Batangkuis' ini akan berupaya tetap konsisten menyuguhkan berbagai informasi tentang geliat pembangunan di desa yang ada di Kecamatan Batangkuis, baik menyangkut pembangunan fisik, budaya, ekonomi, kesehatan, pendidikan, ketertiban dan keamanan," harapnya.


    Selain itu, para Pemdes juga berharap dengan adanya buletin tersebut, budaya gotong royong juga tetap terjaga sebagai salah satu warisan nenek moyang pendahulu.

    "Dapat pula berfungsi sebagai bentuk partisipasi warga masyarakat terhadap berjalanannya roda pemerintahan desa," pungkas Kades Bakaran Batu itu. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini