-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketua Dewan Pers Ingatkan Media Untuk Netral Jelang Pemilu dan Utamakan Kepentingan Rakyat

    Redaksi
    03 Juli 2023, 14:30 WIB Last Updated 2023-07-06T14:31:45Z
    Banner IDwebhost

    Ketua Dewan Pers Ingatkan Media Untuk Netral Jelang Pemilu dan Utamakan Kepentingan Rakyat

    Jakarta, INDOSATU.ID - Ninik Rahayu selaku Ketua Dewan Pers, menyampaikan pesan penting kepada insan pers terkhusus wartawan ataupun jurnalis.

    Pesan tersebut disampaikan pada kesempatan dalam sambutan pada acara ‘Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024’, yang digelar di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin (19/6/2023) lalu.


    Mewakili Dewan Pers, Ninik ingin menyampaikan pesan terkait produksi berita dalam pemberitaan menjelang pesta demokrasi pada perhelatan Pemilu 2024 tahun depan.

    Dirinya pun meminta agar insan pers dan wartawan lebih mengutamakan kepentingan rakyat di dalam memberitakan tentang Pemilu 2024. Hal ini dilakukan untuk menjaga suasana kondusif menjelang Pemilu hingga pasca Pemilu.


    "Pers yang digunakan harus bisa memperlihatkan kepentingan segenap warga masyarakat, bukan partisan tertentu ataupun pemilik modal sehingga pemilu kita dapat berjalan kondusif, jujur, dan adil," kata Ninik.

    Hal tersebut, kata Ninik, bisa dilakukan dengan memberikan informasi yang pasti, akurat, kredibel, dan bisa dipertanggungjawabkan.


    Dengan demikian, pemberitaan yang dihasilkan pers dapat meningkatkan intelektualitas masyarakat di tengah-tengah publik.

    Ninik meminta kepada insan pers agar tidak melebihkan maupun mengurangi informasi yang dibutuhkan publik ketika menyajikan berita.


    Ketua Dewan Pers itu kembali menegaskan, bahwa langkah tersebut bertujuan agar masyarakat dan pembaca berita mendapatkan edukasi yang cukup.

    Tidak hanya itu, ia juga mengajak semua pihak baik pers maupun non pers, agar melakukan kolaborasi demi menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan digelar di tahun depan.


    Salah satu pihak yang dimaksud Ninik, yaitu partai politik (parpol), pemangku kepentingan, masyarakat, aparat penegak hukum (APH), serta insan pers, baik yang berbasis media maupun yang berbasis masyarakat.

    Dijelaskannya, semua elemen bangsa merupakan bagian yang sangat penting dalam mewujudkan ekosistem demokrasi ke arah yang lebih baik, yang akan digelar melalui Pemilu yang baik.


    Ia berharap, satu pihak dengan pihak lainnya dapat melakukan sinergi dan berkolaborasi, sehingga nantinya dapat mewujudkan demokrasi yang baik, tentunya sesuai yang diharapkan. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini