-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Camat Hendra Sitanggang Dukung Forum Junalis Medan Tuntungan Gelar Pelatihan Jurnalistik

    Redaksi
    11 September 2023, 21:51 WIB Last Updated 2023-09-11T15:12:34Z
    Banner IDwebhost

    Camat Hendra Sitanggang Dukung Forum Junalis Medan Tuntungan Gelar Pelatihan Jurnalistik

    Medan, indosatu.id - Puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai universitas antusias mengikuti pelatihan dasar-dasar jurnalistik dalam rangka mendukung generasi muda kreatif.

    Kegiatan ini digelar di Aula Kantor Camat Medan Tuntungan, Sabtu (9/9/2023). Selain kaum pelajar, turut hadir tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta organisasi pemuda dan organisasi sosial yang berdomisili di Kecamatan Medan Tuntungan.

    Pelatihan jurnalistik ini diprakarsai Forum Jurnalis Medan Tuntungan (FJMT) dengan kolaborasi Pemerintah Kecamatan Medan Tuntungan serta didukung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


    Uniknya, pelatihan perdana pasca lahirnya FJMT, mengusung tema 'Siapa Saja Bisa Menjadi Jurnalis' di support oleh media cetak dan online yang ada di Kota Medan.

    Kegiatan positif ini dalam rangka meningkatkan dan menggugah keterampilan pelajar dan mahasiswa menulis sebuah peristiwa.

    Sebelum materi berlangsung, acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan kata sambutan Ketua panitia, Ketua FJMT Tonijer Hutagalung dan Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto Sitanggang, S.IP., M.Si.

    Camat Medan Tuntungan bersama panitia FJMT diabadikan bersama para peserta pelatihan jurnalistik pemula yang dihadiri para pelajar, mahasiswa dan ormas | Foto: ist

    Didaulat sebagai narasumber mewakili Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, yaitu Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Yos Arnold Tarigan, SH, MH melalui Monang Sitohang, SH., dan Wakil Ketua PWI Sumut bidang pendidikan, Sugiatmo.

    Adapun para peserta yang hadir antara lain, SMA Santo Yoseph Medan, SMAN 17 Medan, SMA Budi Murni 2 Medan, SMK Swasta Muhammadiyah 9, SMK Swasta Jerisa Mandiri, SMA Negeri Kutalimbaru, dan SMK Gelora Jaya Nusantara.

    Selain itu, STIKes Darmo, UNPRI dan Poltekes Kemenkes Medan, dari Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) Lakri, organisasi sosial seperti Pemuda Batak Bersatu (PBB) Medan, organisasi pemuda yaitu KNPI Medan Tuntungan, PAC Pemuda Pancasila (PP) Medan Tuntungan, dan beberapa awak media.


    Hendra Arjudanto Sitanggang selaku Camat Medan Tuntungan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada segenap pengurus Forum Jurnalis Medan Tuntungan (FJMT) yang telah menyelenggarakan pelatihan jurnalistik tersebut.

    Camat Medan Tuntungan itu pun mengapresiasi perpaduan antara konsep FJMT dengan slogan kolaborasi Pemko Medan demi terciptanya sinergitas kemajuan di Kecamatan Medan Tuntungan.

    "Yang patut kami syukuri adalah bentuk kolaborasi FJMT dengan Pemerintah Kecamatan Medan Tuntungan dalam rangka menumbuh kembangkan semangat dan kesadaran pelajar dan mahasiswa untuk memahami bagaimana dunia Jurnalistik ini," tutur Hendra pada sambutannya.


    Dengan kolaborasi ini, kata Camat yang murah senyum ini, ia berharap peserta dapat menginterpretasikan langsung dalam lingkungan sekolah maupun universitas.

    "FJMT ini berharap besar buat adek-adek bisa membawa pulang bekal informasi hari ini ke ruang lingkup sekolah, universitas ataupun institusi pendidikan yang kalian naungi sekarang ini," katanya.

    Masih kata Hendra, ia menuturkan bahwa tantangan di era digitalisasi, dimana saat ini sekolah harus terus bergerak cepat memahami dan menyesuaikan kecanggihan teknologi.


    Lanjut Hendra, kegiatan ini untuk menempa diri sendiri sebagai kaum milenial, baik secara individu dan kelompok, maka harus membangun jaringan untuk lebih mengenal dunia luar.

    "Bukan jamannya lagi kegiatan sekolah hanya diketahui pihak sekolah, tetapi perkenalkan lah sekolah kalian ke dunia luar melalui tehnik penulisan karya jurnalistik. Banyak saya lihat kegiatan positif tetapi tidak pernah dipublikasi pihak sekolah ke publik. Ini tantangan sekolah maupun universitas masing-masing," tutur Hendra.

    Narasumber dari Kejati Sumut memaparkan tantangan di era digitalisasi. Sebab, UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer atau Sistem Elektronik milik orang lain dengan cara apa pun.


    "Penghinaan atau pencemaran nama baik yang melanggar kesusilaan serta menyebarkan berita bohong (hoaks) atau menyesatkan dapat mengakibatkan kerugian semua pihak," jelas Monang Sitohang.

    Selain itu, dampak penyampaian informasi yang kurang tepat tanpa cek dan ricek kebenarannya tentunya akan berhadapan langsung dengan aparat hukum.

    Saat ini karya jurnalistik juga dihadapkan dengan jurnalis warga (citizen journalism) yaitu masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media tetapi terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri


    "Era digital mempertontonkan kecepatan informasi. Jadi, untuk mengimbangi tantangan itu, kami berharap kegiatan FJMT ini ditingkatkan untuk mencakup semua elemen masyarakat yang membutuhkan pemahaman lebih profesional" ujarnya.

    Di tempat yang sama, Sugiatmo menjelaskan beberapa kiat sederhana dalam menulis berita di platform media sosial perlu diperhatikan karena dapat terjerat hukum UU ITE, bahkan masuk penjara.

    Sugiatmo menjelaskan pula tehnik menulis bagi pemula dan perbedaan media massa dengan media sosial.


    Media massa tentunya berbadan hukum dan dikelola secara profesional serta dilindungi UU pers dan mengedepankan kode etik jurnalis.

    Disebutnya, untuk media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan tiktok, rentan terjerat hukum jika tidak hati-hati menggunakan narasi di media sosial.

    "Harus hati-hati dan bijak menulis di media sosial. Kalau baik akan menjadi baik jika dimanfaatkan," terang Sugiatmo, salah satu Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut ini.


    Ia juga menyampaikan bahwa menulis berita itu adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Baginya, jika tidak menulis dalam satu hari saja maka seperti ada yang kurang.

    "Kalau kita menulis harus tahu apa tujuannya dan cobalah menulis dengan gembira yang dapat mengundang perhatian banyak pihak. Hindari menulis kondisi kacau biar hasilnya baik," katanya.

    Di akhir materinya, ia menegaskan bahwa pelatihan jurnalistik sangat penting menambah wawasan untuk mengekspresikan ide-ide untuk mengkemas karya-karya jurnalistik ke dalam sebuah tulisan.


    "Dalam menulis berita jangan mengabaikan ide-ide yang muncul dalam pikiran kita. Setiap ada ide dicatat langsung karena ide itu mahal dan bisa hilang seketika," tutur Sugiatmo.

    Tonijer Hutagalung selaku Ketua FJMT mengatakan bahwa FJMT merupakan wadah bagi wartawan yang berdomisili di Kecamatan Medan Tuntungan dan sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota Medan, khususnya Pemerintah Kecamatan Medan Tuntungan.

    Dengan konsep kolaborasi maka semua pihak harus saling bersinergi mewujudkan percepatan pembangunan semua sektor yang lebih merata dan pro rakyat. 


    Sementara itu, Serasi Sembiring, SH., didampingi Sekretaris Panitia Yehezkiel Ginting, S.Sos., mengatakan meski dikemas sederhana tidak mengurangi makna dari kegiatan tersebut.

    "Semoga melalui kegiatan pelatihan jurnalistik ini dapat bermanfaat bagi para penulis pemula," ujar Serasi.

    Dia berharap kegiatan serupa akan digelar di masa akan datang dengan agenda-agenda lebih besar dan menjadi rutinitas bagi Forum Jurnalis Medan Tuntungan (FJMT) sesuai visi misi organisasi.


    Sebelum acara berakhir, panitia menggelar sesi tanya jawab tentang dunia jurnalistik, lalu dijawab narasumber untuk menambah pemahaman peserta pelatihan.

    Tak sampai di situ saja, bagi yang mampu menjawab pertanyaan narasumber, turut diberikan hadiah souvenir yang cukup menarik.

    Selanjutnya, peserta usai acara diberikan sertifikat kepada masing-masing peserta atas dedikasi dan kontribusinya mengikuti kegiatan tersebut. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini