-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketum JMSI Berharap JMSI Sumut Semakin Maju, Rahudman: Kita Siap Mendukung

    Redaksi
    13 September 2023, 09:00 WIB Last Updated 2023-09-13T02:00:00Z
    Banner IDwebhost

    Tampak Pembina JMSI Sumut Rahudman Harahap (berdiri) memberikan sambutannya sebelum pemaparan dilakukan Ketum PP JMSI, Teguh Santosa (dua dari kiri) didampingi Ketua Pengda JMSI Sumut, Aulia Andri (paling kiri)

    Medan, indosatu.id - Organisasi media siber Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang merupakan salah satu wadah perkumpulan bagi para pemilik media siber harus terus dikembangkan di Sumatera Utara (Sumut).

    Hal ini menjadi harapan Ketua Pembina Pengda JMSI Sumut Rahudman Harahap. Bukan tanpa alasan, Rahudman mengatakan bahwa JMSI perlu melebarkan sayapnya di seluruh kabupaten kota Se-Sumut.

    Tujuannya, kata mantan walikota Medan itu, agar setiap pemilik media siber yang berdiri di kabupaten kota mendapat manfaat dari JMSI Sumut.


    "JMSI harus bisa merangkul para jurnalis dan sekaligus pemilik media siber. Agar kualitas jurnalistiknya semakin baik dan semakin dipercaya. JMSI harus bermanfaat bagi jurnalistik lokal," kata pria yang akrab disapa RH ini, Selasa (12/9/2023).

    Bertempat di Pendopo Khadijah yang berlokasi di Komplek Tasbih Medan, acara temu ramah ini juga dihadiri Ketum PP JMSI Teguh Santosa.

    "JMSI harus besar di Sumut, dan ingat juga harus menjaga marwah JMSI," ujar RH.

    RH menambahkan, dirinya merasa terhormat sebagai Pembina Pengda JMSI Sumut, oleh karena itu, ia merasa bertanggung jawab atas nama baik JMSI di Sumut.


    "Menjadi pembina JMSI Sumut adalah sebuah kehormatan bagi saya. JMSI diisi oleh orang-orang intelektual yang menguasai informasi," tuturnya.

    Ia pun berharap agar semua pengurus dan anggota tetap menjaga solidaritas. Dengan kebersamaan maka JMSI Sumut akan semakin maju ke depannya.

    Teguh Santoso selaku Ketum PP JMSI, pada kesempatan itu menekankan agar semu member JMSI Sumut berlomba-lomba meningkatkan kualitas jurnalistiknya.


    Dirinya juga meminta agar media di bawah payung JMSI tidak melulu berbicara tentang pers rilis dari mitra. Walaupun begitu, ia berharap setiap rilis sebaiknya diedit agar tidak sama dengan media lainnya.

    Hal ini, katanya sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan sebuah media siber. "Jika media kita ingin dihargai maka tingkatkan kualitas, kita harus berani beda dari yang lain, ini menjadi harga bagi mitra kita," jelas Ketum JMSI itu.

    Dalam mengembangkan media, lanjutnya, bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi, apalagi saat ini cukup banyak media siber yang berdiri.


    Namun ia mengatakan, pemilik media siber tidak perlu khawatir jika memang media siber yang dibangunnya memiliki kualitas yang bagus menurut Dewan Pers.

    "Saat ini banyak media yang muncul bahkan ribuan di Indonesia, kita harus tampil beda, itu yang membuat media kita berharga di mitra," ujarnya.

    "Jika berita kita dengan berita media lain sama persisnya, bahkan rilis yang diterima pun tidak diedit, tentu kualitas kita akan dipandang sama oleh mitra," jelas Teguh.


    Selain itu, dirinya juga meminta semua para member JMSI Sumut meningkatkan UKW masing-masing.

    Jika sebelumnya muda diminta tingkatkan ke madya, begitu pula madya ke wartawan utama.

    Pasalnya, kata Ketum JMSI itu, untuk verifikasi Dewan Pers, penanggungjawab atau pimpinan redaksi itu harus memiliki UKW wartawan utama, sehingga media siber tersebut diakui Dewan Pers.

    Masih di tempat yang sama, Plt Ketua Pengda JMSI Sumut, Aulia Andri meminta agar pengurus dan anggota JMSI termasuk kabupaten kota untuk bergandeng tangan membesarkan JMSI di Sumut.


    "Bagi kawan-kawan, ayo kita bangun bersama JMSI di Sumut ini. Kita bangun komunikasi yang baik, jangan sungkan-sungkan, kita diskusi, kita besarkan ke semua kabupaten kota di seluruh Sumut," ucap Aulia.

    Kepada pengurus dan calon pengurus JMSI kabupaten kota yang hadir, Aulia berharap terjalin komunikasi yang lebih baik ke depannya.

    Pada kesempatan itu, selain jajaran pengurus Pengda JMSI Sumut, tampak hadir pengurus Pengcab JMSI Batu Bara, Simalungun, Medan, dan Deli Serdang.


    Semua peserta tampak serius mendengarkan pemaparan yang disampaikan Ketum JMSI Teguh Santosa. Bahkan usai acara, para anggota tampak membangun komunikasi diskusi dengan tokoh pers nasional itu.

    Di akhir acara, Aulia Andri, selaku Plt Ketua Pengda JMSI Sumut menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketum PP JMSI Teguh Santosa yang berhadir datang dari ibukota Jakarta.

    Tak lupa pula ucapan terimakasih disampaikannya kepada Rahudman Harahap selaku Ketua Pembina JMSI Sumut yang turut ambil bagian dalam mengembangkan JMSI. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini