-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Disdik Nagan Raya Gelar Apresiasi Bunda PAUD, Pj Bupati: Bayar Gaji Guru PAUD Tepat Waktu

    Redaksi
    20 November 2023, 14:05 WIB Last Updated 2023-11-20T07:05:00Z
    Banner IDwebhost

    Fitriany Farhas selaku Penjabat Bupati Nagan Raya saat menyampaikan pidatonya | Foto: Rahmat Ritonga

    Suka Makmue, INDOSATU.ID - Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Nagan Raya Provinsi Aceh melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan, Bunda PAUD Gampong serta Gugus PAUD Tahun 2023, dalam rangka optimalisasi program kerja Bunda PAUD dalam mencapai PAUD berkualitas.

    Acara ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S,Sos., M.Si., dan berlangsung di Aula Hotel Bintang Syariah, Simpang Peut Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Minggu (19/11/2023) kemarin.


    Dalam arahannya Fitriany mengatakan sebagai Pj. Bupati Nagan Raya secara langsung ia juga mengemban tugas tambahan, yaitu menjadi Bunda PAUD Kabupaten Nagan Raya.

    "Tugas berat ini akan saya emban sampai batas jabatan saya berakhir. Tentunya tugas ini bukan saya sendiri yang menjalankan, apalagi saya tau bahwa Bunda PAUD akan didampingi oleh Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD yang telah dibentuk oleh pemerintah," tuturnya.

    Kegiatan Apresiasi Bunda PAUD yang dilaksanakan ini, kata Fitriany, merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokja Bunda PAUD.


    Ia menjelaskan bahwa selama ini perkembangan PAUD di Provinsi Aceh tumbuh dengan pesat.

    Masih kata Pj Bupati Nagan Raya itu, animo masyarakat yang antusias dengan stimulasi di usia PAUD seharusnya mampu mendorong satu komitmen agar satuan PAUD bisa mengembangkan lingkungan belajar yang semakin berkualitas.

    "Apalagi di tahun 2023 ini merupakan tahun inisiasi untuk program gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, yang mana seluruh Bunda PAUD Se-Indonesia sudah berkomitmen terhadap gerakan tersebut untuk pengembangan lingkungan belajar berkualitas," ujar Fitriany.


    Dengan begitu, lanjutnya, dapat menjamin proses pendidikan yang bermutu dan pelayanan holistik dan integratif dalam membantu orang tua memberikan layanan terhadap tumbuh kembang anaknya.

    "Juga dapat memantau keterjangkauan terhadap penurunan stunting melalui gerakan PAUD holistik integratif di dalam proses implementasi di satuan PAUD," jelas Pj Bupati Fitriany yang juga Bunda PAUD Kabupaten Nagan Raya.

    Kepada Bunda PAUD kecamatan dan gampong, Pj Bupati Nagan Raya ini mengintruksikan agar dapat selalu membayar gaji guru PAUD di gampong (desa) tepat waktu yang anggarannya berasal dari dana desa.


    "Tolong dibayar rutin gaji guru PAUD bagi yang ada PAUD di gampong, guna untuk menyejahterakan guru PAUD di gampong-gampong, karena guru PAUD salah satu ujung tombak mencerdaskan generasi kita, menuju Indonesia emas 2045," terangnya.

    Ia juga berharap agar dapat menjalin kerjasama yang baik dalam rangka mensukseskan gerakan ini, dimulai oleh bunda PAUD yang berada dari gampong dan kecamatan.

    Sebagai Pj. Bupati sekaligus Bunda PAUD Nagan Raya, maka ia perlu mengevaluasi sejauh mana peran bunda PAUD kecamatan untuk mendukung gerakan ini.


    Ia juga mengaku mengapresiasi bagi bunda PAUD kecamatan yang melaksanakan kinerjanya sebagai bunda PAUD kecamatan yang berprestasi.

    "Saya berharap apabila terdapat kendala yang menyebabkan tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya kita semua harus mencari solusi yang tepat, sehingga dapat kita sukseskan bersama," tandasnya.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Zulkifli S.Pd dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Gampong, dan Gugus PAUD dalam berinovasi dan berkreasi dalam membangun kecamatan dan gampong melalui PAUD.

     
    Acara ini dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 19 hingga 22 November 2023 mendatang.

    Pesertanya adalah bunda PAUD Kecamatan, Gampong dan unsur Gugus PAUD dalam Kabupaten Nagan Raya.

    "Untuk tim dewan juri kita mengundang 2 orang dari Himpaudi Provinsi Aceh dan 2 orang dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya, dengan anggaran bersumber dari DPA Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya," tutup Zulkifli.

    Kontributor: Rahmat Ritonga
    Editor: Dika
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini