-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Namanya Rainbowba, Minuman Boba Berbahan Kulit Buah Tanpa Gula

    Redaksi
    28 November 2023, 12:39 WIB Last Updated 2023-11-28T06:03:59Z
    Banner IDwebhost

    Namanya Rainbowba, Minuman Boba Berbahan Kulit Buah Tanpa Gula | Foto: Sashi Publisher

    Medan, INDOSATU.ID - Menikmati minuman boba manis di siang dengan kondisi terik terdengar cukup menyegarkan.

    Tidak hanya melepaskan dahaga, minuman boba juga memberikan energi tambahan.

    Racikan dalam perpaduan brown sugar, boba, dan milk tea terdengar bagai harmoni yang sempurna.

    Namun, di balik rasa manisnya, tersimpan kandungan gula tinggi yang berbahaya dalam minuman bola tapioka tersebut.


    Dilansir dari health.detik.com, segelas minuman boba mengandung 34,36 gram gula. Angka ini tergolong tinggi untuk segelas minuman yang dapat dihabiskan kurang dari satu jam.

    Berdasarkan sumber terpercaya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menganjurkan agar konsumsi gula dalam sehari tidak melebihi 50 gram.

    Batas ini dapat dengan mudah dilampaui apabila pola makan tidak dijaga. Dalam sehari, seseorang tentu tidak hanya minum minuman boba saja, tetapi juga mengonsumsi makanan lain yang pastinya mengandung gula.


    Bagi pecinta boba tentunya minuman ini merupakan hal yang sulit dilepaskan. Bagaimana mungkin minuman boba dengan kandungan gula tingginya bisa masuk dalam diet makanan sehat?.

    Rainbowba, minuman boba berbahan dasar kulit buah satu ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang tidak dapat melepaskan boba dari daftar minuman favoritmu.

    Inovasi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), Elora Giovanni Ompusunggu, ini merupakan pilihan yang dapat menggantikan boba umumnya.

    Stevia menjadi kunci dari rasa manis Rainbowba. Minuman boba ini menggunakan stevia yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana.


    Tidak memiliki kalori atau nol kalori merupakan daya tarik utama dari pemanis satu ini. Alhasil, Rainbowba dapat tetap manis tetapi rendah kalori.

    Tidak hanya stevia, Rainbowba juga memanfaatkan kulit buah sebagai pewarna dan perasa alami. Kulit buah yang sering dibuang ternyata mengandung banyak vitamin.

    Contohnya, kulit buah naga mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, alkaloid, flavonoid, karoten, dan masih banyak lagi.

    Pigmen warna yang terkandung dalam kulit buah juga membuat penampilannya semakin menarik dengan warna-warni boba yang beragam.


    Minuman boba yang semula hanya terasa manis dengan berbagai rasa, kini juga menyehatkan.

    Obesitas, salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, dapat timbul karena konsumsi gula berlebihan.

    Manisnya minuman boba memasukkannya ke dalam daftar makanan dan minuman yang harus dihindari.

    Rainbowba muncul dari kekhawatiran Elora akan kesehatan masyarakat masa kini yang sering mengonsumsi minuman boba.


    Kandungan gula buatan dalam minuman tersebut dapat memicu berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

    "Gula buatan dalam makanan dan minuman khususnya boba, telah menjadi isu kesehatan yang mendalam," ujarnya.

    "Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula buatan dapat meningkatkan risiko serius, seperti obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya," tuturnya.

    Keberlanjutan juga menjadi hal yang diutamakan Elora. Pemanfaatan kulit buah yang sering kali masuk ke tempat sampah merupakan salah satu upaya Elora dalam mengurangi limbah sampah.


    Pandangan ini juga tercermin dalam kemasan yang dipilih. Kemasan yang digunakan Rainbowba dapat digunakan kembali atau reusable, yang berarti mengurangi jumlah sampah sekali pakai.

    Tidak perlu merelakan minuman boba favoritmu. Pola makan sehat Anda dapat tetap dapat terjaga meskipun mengonsumsi minuman boba.

    Anda hanya perlu mengubah pilihan menu Anda dari minuman boba yang penuh gula ke Rainbowba yang terbuat dari kulit buah.

    Sensasi kesegaran minuman ini dapat kamu peroleh di Student Entrepreneurship Centre (SEC) USU dengan harga terjangkau. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini