-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Akan Lakukan Ramp Check, Dishub Sumut Antisipasi Angka Lakalantas di Masa Nataru

    Redaksi
    16 Desember 2023, 11:01 WIB Last Updated 2023-12-16T07:24:42Z
    Banner IDwebhost

    Akan Lakukan Ramp Check, Dishub Sumut Antisipasi Angka Lakalantas di Masa Nataru | Foto: ist

    Medan, INDOSATU.ID - Untuk mengantisipasi angka kecelakaan lalu lintas pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) gelar rapat persiapan.

    Persiapan yang dimaksud adalah terkait Persiapan Ramp Check (RC) bagi angkutan jalan.


    Digelar di Kantor Dishub Sumut pada Senin (11/12/2023), rapat ini dipimpin langsung Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan.

    "RC dilaksanakan demi memastikan angkutan umum yang dioperasikan memenuhi persyaratan teknis dan laik (layak) jalan, supir bus juga harus dalam keadaan sehat," kata Agustinus Panjaitan.

    Ia mengatakan bahwa Tim RC akan melaksanakan tugasnya di beberapa terminal. Di antaranya, Amplas, Pinang Baris, Siantar, Tarutung, Sibolga, Kabanjahe, Binjai, langkat, termasuk di beberapa Pool Bus AKAP, AKDP dan Pariwisata.


    Agustinus menambahkan, pemeriksaan yang akan dilakukan adalah administrasi kendaraan, persyaratan teknis utama kendaraan (penerangan, pengereman, badan kendaraaan, ban, dll) dan pemeriksaan kesehatan supir termasuk melakukan test urine.

    Nantinya, kendaraan yang dinilai tidak layak jalan atau supir yang terindikasi narkoba, maka Tim akan merekomendasikan penggantian bus atau supir kepada menejemen bus (angkutan umum_red).

    Banyaknya jumlah penumpang pada masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini, biasanya akan dimanfaatkan pihak penyedia bus untuk mengoperasikan kendaraan yang sudah tidak layak jalan, yang jarang dioperasikan.


    "Saya menghimbau kepada masyarakat pengguna bus agar memilih sarana angkutan umum yang baik untuk mudik, ini demi keselamatan," tutur Agustinus.

    Kepada penyedia bus, ia mengharapkan kerjasama dalam mendukung kegiatan RC tersebut.

    Ia pun meminta pihak penyedia bus dapat memastikan bahwa seluruh pengemudi bus dan angkutan menaati peraturan lalu lintas yang berlaku.


    Berlangsung dengan baik, rapat ini turut dihadiri unsur dari Ditlantas Poldasu (Direktorat Lalulintas Polisi Daerah Sumatera Utara).

    Tampak hadir pula dari pihak BNN Sumut, BPTD Kemenhub RI (Kementerian Perhubungan Republik Indonesia).

    Dinkes (Dinas Kesehatan) Sumut, Kesbangpol Sumut, Baltek Kemenkes, Dishub kabupaten kota, Dinkes kabupaten kota, Jasa Raharja dan Organda Sumut, jug tampak berhadir di pertemuan itu. (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini