-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    DKPP dan Dinas Pangan Aceh Bersama Perum Bulog Gelar Gerakan Pangan Murah

    Redaksi
    06 Desember 2023, 09:05 WIB Last Updated 2023-12-06T02:05:00Z
    Banner IDwebhost

    DKPP dan Dinas Pangan Aceh Bersama Perum Bulog Gelar Gerakan Pangan Murah | Foto: Rahmat Ritonga

    Suka Makmue, INDOSATU.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan (DKPP) bekerja sama dengan Dinas Pangan Aceh dan Perum Bulog Kanwil Aceh Cabang Meulaboh menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM).

    Kegiatan gerakan pangan murah itu, di buka Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S,Sos.,M.Si., diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Nasruddin, SH., yang berlangsung di halaman kantor Camat Seunagan, kabupaten setempat, Selasa (5/12/2023).


    Pada kesempatan itu, Nasruddin mengatakan Gerakan Pangan Murah merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi pengeluaran masyarakat disaat harga bahan pokok mengalami kenaikan yang disebabkan harga barang di pasar tidak stabil akibat terjadinya inflasi.

    Ia menyampaikan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemantauan dan berbagai program untuk menangani kenaikan harga pangan tersebut.


    "Dalam rangka pengendalian inflasi, salah satu program pemerintah adalah gerakan pangan murah (GPM) yaitu untuk menstabilkan harga pangan. Sehingga masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok pangan dengan harga yang relatif lebih murah," ucap Nasruddin.

    Dikatakan, saat ini kondisi perekonomian sedang mengalami pukulan berat, itu merupakan dampak dari inflasi yang sangat berpengaruh pada tingginya harga pangan pokok di tengah-tengah masyarakat.

    "Kenaikan harga komoditas pangan menjadi perhatian bagi kita semua, maka dari itu pemerintah melakukan upaya untuk membantu perekonomian masyarakat dalam bentuk gerakan pangan murah ini," kata Nasruddin.


    Melalui kegiatan GMP ini, Nasruddin berharap, harga-harga yang tadinya lumayan tinggi pada akhirnya bisa turun secara bertahap dan kembali stabil.

    Sebelumnya, Kepala DKPP Kabupaten Nagan Raya, Azman, S.Hut., menyebutkan, bahwa Gerakan Pangan Murah ini menjual sembako yang sudah disubsidi oleh pemerintah.

    Azman merincikan sembako yang dijual diantaranya berupa, Beras Premium 5 Kg jumlah 400 pcs dengan harga jual Rp40.000,-/pcs, Gula Pasir 2 kg dengan jumlah 350 pcs dengan harga jual Rp26.000,-/pcs.


    Kemudian, minyak goreng 2 liter dengan jumlah 350 pcs harga jual Rp32.000,-/pcs dan Telur Ayam Ras jumlah 350 papan dengan harga jual Rp40.000,-/papan. Dengan total harga per paketnya yaitu Rp138.000.-

    "Untuk beras premium sendiri telah disubsidi sebesar Rp6.000,-/kg,  gula pasir Rp5.000,-/kg, kemudian minyak goreng Rp. 5.000,-/liter serta telur ayam ras Rp10.000,-/papan subsidinya," terang Azman.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Aceh yang diwakili Sub Koordinator Distribusi Pangan Aceh, Ir. Irwan, MM., menyampaikan, Dinas Pangan Aceh meluncurkan program gerakan pangan murah (GPM) di Kabupaten Nagan Raya sebanyak 1 titik yaitu di Kecamatan Seunagan.


    "Gerakan pangan murah ini bertujuan agar dapat menjaga pasokan dan stabilitas harga pangan, menekan laju inflasi dan membantu masyarakat yang menerima manfaat dari GPM pada hari ini," jelas Irwan.

    Dikatakan, selain di Kabupaten Nagan Raya, Gerakan Pangan Murah ini juga di adakan di 10 kabupaten/kota lainnya yang tersebar di Provinsi Aceh.

    Kontributor: Rahmat Ritonga
    Editor: Dika
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini