-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Punguan Naimarata dan Punguan Pasaribu di Namorambe Deli Serdang Gelar Natal Bersama

    Redaksi
    24 Desember 2023, 21:28 WIB Last Updated 2023-12-24T14:48:24Z
    Banner IDwebhost

    Punguan Naimarata dan Punguan Pasaribu di Namorambe Deli Serdang Gelar Natal Bersama | Foto: dokumentasi

    Deliserdang, INDOSATU.ID - Perayaan natal merupakan salah satu hari besar yang diperingati umat Kristen di seluruh penjuru dunia.

    Natal dinilai sebagai bentuk kasih yang diberikan Tuhan kepada manusia menurut kepercayaan Kristen. Biasanya umat Kristen akan merayakan natal dengan penuh sukacita.


    Oleh karena itu, perayaan natal menjadi perayaan yang sangat dinanti-nantikan dan menjadi momen yang paling ditunggu karena menggambarkan betapa besarnya kasih Tuhan kepada manusia.

    Sukacita natal juga tampak menyelimuti Punguan Naimarata dan Punguan Pasaribu Johor Namorambe Deli Serdang, Minggu (17/12/2023).

    Kedua punguan (perkumpulan marga) ini melaksanakan perayaan natal secara bersama.

    Ketua BPH Punguan Naimarata Manaor Limbong (kiri) dan Ketua BPH Punguan Pasaribu E. Habeahan (kanan) diabadikan saat memberikan kata sambutan | Foto: dokumentasi

    Digelar di Aula Genesis, Jalan Perjuangan Gang Dusun I Ujung Labuhan Kecamatan Namorambe Deli Serdang, tampak ratusan orang turut mengikuti rangkaian ibadah natal bersama itu.

    Mereka merupakan anggota Punguan Naimarata dan anggota Punguan Pasaribu yang ada di Johor Namorambe.

    Dipandu oleh H. Manik dan D. Sinaga, acara diawali dengan saat teduh yang selanjutnya votum.


    Pada liturgi bebas, anak-anak balita dari kedua punguan tersebut dipersilahkan maju ke pentas untuk mengucapkan liturginya masing-masing.

    Sementara pada liturgi selanjutnya dibagi menjadi 5 (lima) liturgi yang diselingi dengan bernyanyi dan persembahan lagu.

    Pdt. Prof. Dr. Sampitmo Habeahan yang menyampaikan kotbahnya pada ibadah itu menekankan agar makna natal dapat dipahami dan diimplementasikan.


    "Mungkin di antara kita mengikuti ibadah natal lebih dari satu kali bahkan berkali-kali dalam bulan Desember ini, lalu apa makna natal yang kita dapat?," ucap Sampitmo dalam kotbahnya.

    Ia juga meminta agar semua orang tua di Punguan Naimarata dan Punguan Pasaribu mengajak anak-anak dalam keluarga masing-masing semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

    Apalagi katanya pada jaman milenium ke-dua ini dunia semakin menggoda, anak-anak bisa saja terjerumus mengejar duniawi bila orang tua tidak membimbing anaknya dalam kasih Tuhan.


    Usai berkotbah, pendeta yang juga dosen Unimed (Universitas Negeri Medan) itu mengakhiri ibadah dengan doa berkat dan doa penutup.

    Selanjutnya pemandu ibadah mempersilahkan pengurus dari dua punguan tersebut memberikan kata sambutan, baik dari Pengurus Punguan Naimarata maupun Pengurus Punguan Pasaribu.

    E. Habeahan selaku Ketua Punguan Pasaribu dalam sambutannya mengatakan bahwa ibadah natal bersama kali ini merupakan perdana.


    Menurutnya, belum pernah ada dua perkumpulan marga di sekitar Johor Namorambe melaksanakan perayaan natal bersama.

    Ia pun mengucapkan terimakasih kepada dua punguan yang antusias hadir mengikuti rangkaian ibadah natal bersama tersebut.

    Menimpali yang disampaikan E. Habeahan, Ketua Punguan Naimarata Johor Namorambe, Manaor Limbong menyampaikan apresiasinya kepada Panitia Natal bersama yang digagas dua punguan itu.


    "Momen ini patut kita syukuri, walaupun kita terdiri dari dua punguan tapi kita mampu melaksanakan ibadah natal secara bersama, apalagi momen ini yang perdana, belum ada perkumpulan marga lain yang melakukan seperti ini," ujar Manaor.

    Pria yang akrab disapa Limbong itu pun berharap agar komunikasi dua punguan itu tetap terjaga dengan baik dan berkelanjutan.

    "Walaupun kita berbeda punguan bukan berarti kita tidak bisa bersama dalam sebuah momen. Intinya, kita harus saling mendukung, dan itulah implementasi dari kasih," kata Manaor lagi.


    Sementara itu, St. P. Sipahutar bersama K. Habeahan selaku Ketua Panitia Natal 1 dan 2, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari kedua punguan yang terlibat.

    "Tanpa dukungan bapak ibu, perayaan natal bersama ini tidak akan berlangsung. Kami panitia mengucapkan terimakasih kepada kita semua," kata Panitia.

    Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan acara hiburan lainnya, seperti vokal solo dan vokal grup.


    Panitia juga menyediakan bingkisan natal bagi anak-anak. Tampak anak-anak dari kedua punguan bergembira ketika bingkisan natal dibagikan panitia satu persatu.

    Dimulai pukul 17.00 WIB sore dengan ibadah natal, acara hiburan disudahi sekitar pukul 23.00 WIB (jam 11 malam). (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini