-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Mendagri Tito Berharap Wartawan Turut Ikut Sosialisasikan Pilkada Damai 2024

    Redaksi
    11 Mei 2024, 16:57 WIB Last Updated 2024-05-11T09:57:54Z
    Banner IDwebhost

    Mendagri Tito Karvavian didampingi staffnya diabadikan bersama Ketum PWI didampingi jajarannya | Foto: pwi.or.id

    Jakarta, INDOSATU.ID - Tito Karnavian, selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta agar wartawan ikut andil mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai yang akan digelar tahun 2024 ini. 

    Hal itu disampaikan Tito saat menerima kunjungan audiensi Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PP PWI).

    Tito menyambut kedatangan rombongan Pengurus Pusat PWI di ruang kerjanya, Gedung Kementerian Dalam Negeri, pada Kamis (2/5/2024) beberapa hari lalu.

    Kunjungan dalam bentuk audiensi itu bertujuan untuk menjajaki kerjasama PWI dan Kemendagri dalam upaya melaksanakan kampanye pilkada damai yang akan digelar serentak di 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kotamadya se-Indonesia.

    Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang akan melibatkan seluruh pengurus dari 38 PWI Provinsi se-Indonesia, ditambah satu cabang khusus, yakni PWI Solo.

    Pada kesempatan itu, Mendagri Tito menilai peran Pers dan PWI telah turut mensukseskan Pilpres dan Pileg yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu.

    Mantan Kapolri itu mengatakan bahwa PWI mampu mengawal Pilpres dan Pileg tersebut, sehingga minim gesekan sampai pada selesainya gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

    Tito mengharapkan Pers dapat menjalankan fungsinya sebagai penyampai informasi, edukasi dan kontrol sosial secara optimal.

    Tak hanya itu, ia juga mengharapkan agar Pers dapat menjalankan fungsi kontrolnya, mengawasi seluruh pemangku kepentingan, termasuk penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu.

    Tujuannya, lanjutnya, agar yang diawasi benar-benar melakukan tugasnya sesuai harapan masyarakat, Pers menjadi wasit yang adil dan independen dari kepentingan siapapun.

    Di tempat yang sama, Hendry Ch Bangun, selaku Ketua Umum PWI, mengatakan bahwa sebelum Pilpres 2024, PWI telah menghadirkan 3 Capres untuk menyampaikan visi misi di hadapan anggota PWI se-Indonesia.

    Hal serupa, kata Hendry, dapat diterapkan pula sebelum pelaksanaan Pilkada Gubernur, Bupati, dan Walikota.

    Dengan meningkatkan kapasitas wartawan khususnya anggota PWI, diharapkan dapat menghasilkan karya jurnalistik berkualitas sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dewan Pers Nomor 01/SE-DP/XII/2022 tentang Kemerdekaan Pers yang Bertanggung Jawab Untuk Pemilu 2024 yang Berkualitas.

    Hendry menambahkan, PWI berencana melakukan pertemuan lanjutan dengan KPU dan Bawaslu agar sosialisasi pilkada damai dapat terlaksana.

    Melalui kapasitas anggota mencapai sekitar 22.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, PWI memiliki kemampuan untuk ambil bagian dalam pesta demokrasi kali ini.

    Kehadiran Ketum PP PWI Hendry Ch Bangun, turut didampingi Sekjen PP PWI Sayid Iskandarsyah, Wakil Sekjen PP PWI Raja Pane, Ketua Bidang Kerjasama Sarwani, Ketua Bidang Pendidikan M Nasir, Wakil Bidang Multi Media Tatang Suherman dan Humas Herry Sinamarata.

    Sumber: Laman Resmi PWI
    Editor: Admin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini