-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pertama Kali Bendera Indonesia Dikibarkan Wanita Asal Sumut di Kutub Selatan

    Redaksi
    13 Juni 2024, 18:51 WIB Last Updated 2024-06-13T11:51:00Z
    Banner IDwebhost

    Putri Handayani saat tiba di titik kutub selatan | Foto: Facebook

    INDOSATU.ID - Sejak Indonesia merdeka, belum ada seorang pun orang Indonesia yang berhasil mengibarkan bendera merah putih di kutub selatan.

    Namun kini hal itu telah usai, seorang wanita Indonesia asal Sumatera Utara (Sumut) bernama Putri Handayani berhasil menempuh jarak hingga berada berdiri di kutub yang sangat dingin itu.

    Putri merupakan seorang pendaki gunung dari Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut. Ia berhasil mencapai titik paling selatan bumi di 90°S pada hari Kamis, 28 Desember 2023 pukul 13.00 waktu Punta Arenas, Chili.

    "Sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini. Apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrim, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole," ujar Putri, dilansir dari situs berita Internasional.

    "Lelah bercampur haru dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apalagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini," kata wanita Sumut ini.

    Putri mampu mencapai kutub selatan setelah melakukan perjalanan selama 8 hari, mulai 21 hingga 28 Desember 2023.

    Ia berjalan dengan menggunakan ski sambil menarik 30 kg sled dari latitude (Garis Lintang) 89°S ke 90°S, menembus cuaca ekstrim dan salju.

    Wanita yang hobi mendaki gunung ini akhirnya berhasil mengibarkan bendera merah putih untuk bersanding dengan bendera negara-negara lain yang pernah mencapai titik kutub selatan tersebut, tampak beberapa bendera berkibar di antara bendera merah putih itu.

    Dirinya pun didapuk sebagai orang Indonesia pertama yang mampu melakukan perjalanan ekstrim mencapai kutub selatan dengan berjalan dan menggunakan ski.

    Sebelum mencapai titik 90°S (Geographic South Pole), Putri juga sempat melakukan selebrasi dan mengucap syukur di titik Ceremonial South Pole yang biasa dimanfaatkan para penjelajah untuk melakukan selebrasi.

    Saat menuju kutub selatan, ia tergabung dalam sebuah ekspedisi yang bertajuk lengkap Road to The Explorer’s Grand Slam "Antarctic 8 Expedition". (Lian/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini