-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Indosatu - Menuju Indonesia Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dishub Sumut Gelar Simulasi Penjemputan Atlet Demi Kelancaran Transportasi PON 2024

    Redaksi
    08 Juli 2024, 10:00 WIB Last Updated 2024-07-08T03:00:00Z
    Banner IDwebhost

    Kepala Dishub Sumut, Agustinus Panjaitan (kiri) | Foto: Dedi

    Medan, INDOSATU.ID - Dishub Sumut (Dinas Perhubungan Sumatera Utara dan Ditlantas Polda Sumut menggelar simulasi penjemputan atlet, official, dan kontingen peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

    Gelaran yang dipusatkan di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan menjelang pesta olahraga nasional tersebut, Jum'at (5/7/2024) kemarin.

    "Kami bersama instansi terkait melakukan simulasi penjemputan atlet dari bandara untuk memastikan kesiapan pelayanan transportasi bagi peserta PON," tutur Agustinus Panjaitan, selaku Kepala Dishub Sumut.

    Pada simulasi ini, turut terlibat Bidang Sekretariat PB PON Apri, Bidang Pertandingan, Maimun, Bidang Akomodasi Husnah dan Bidang Protokol, Indra Siregar, Kasat PJR Ditlantas Polda Sumut, Wisnu.

    Dishub Sumut juga berkoordinasi dengan manajemen Bandara Kualanamu dan Dispora Sumut untuk memastikan kelancaran simulasi operasional PON ini.

    Agustinus menambahkan, simulasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan Bidang Transportasi PB PON dalam menyambut kedatangan peserta PON, meliputi penanganan bagasi, operasi holding area, dan keberangkatan dari Bandara Kualanamu menuju Hotel Santika.

    Bidang Transportasi PB PON juga didukung aplikasi Transponsumut dan Fleet Management System demi kelancaran tranportasi para kontingen yang mengikuti PON 2024 yang dipusatkan di Sumut-Aceh sebagai tuan rumah.

    Layanan transportasi juga diuji coba menuju venue pertandingan, termasuk mensimulasikan bagaimana membawa atlet dari hotel penginapan menuju venue tempat pertandingan digelar di Gedung Bowling, Jalan Pancing.

    Pada kesempatan itu, Agustinus menyampaikan masih ditemui beberapa kelemahan, di antaranya, kepadatan lalulintas di beberapa titik jalan raya di Kota Medan.

    "Kendala minimal, meski ada beberapa titik kepadatan lalu lintas di Medan," terang Agustinus.

    Kadishub Sumut itu menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan 967 armada yang dibagi ke dalam lima kategori layanan.

    Selain itu, terdapat pula tambahan armada angkutan khusus atlet dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 300 unit.

    Armada ini, katanya, akan beroperasi mulai H-3 hingga H+2 PON 2024, melayani berbagai kebutuhan peserta dan tamu undangan.

    "PON 2024 akan melibatkan lebih dari 15.000 peserta yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Sumut," jelas Agustinus.

    Melalui persiapan dan simulasi tersebut, Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut optimis dapat memberikan pelayanan transportasi yang baik selama gelaran PON 2024 berlangsung. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close
    Banner iklan disini